Ketua FKUB Drs Palit Muda Harahap MA:

Kerukunan Umat Beragama di Sumut Sangat Baik, Harus Dijaga


186 view
Kerukunan Umat Beragama di Sumut Sangat Baik, Harus Dijaga
Foto: SIB/ Yogie S
DIALOG: Para peserta “Dialog Kerukunan dengan Tokoh Perempuan Lintas Agama” foto bersama Ketua FKUB Sumut Palit Muda Harahap, Kaban Kesbangpol Sumut Ardan Noor, para narasumber dan panitia di Hotel Inna Medan, Rabu (10/8). 


Prof Fachruddin Azmi pada paparannya mengungkap, hakikat moderasi beragama adalah sikap beragama yang seimbang antara keyakinan terhadap agama sendiri dan penghormatan terhadap orang lain. Kemudian sikap beragama yang tidak ekstrim, tidak fanatik buta berlebihan terhadap suatu golongan atau aliran.


Selanjutnya Fachruddin menyampaikan pandangan Islam tentang sikap moderasi, yakni akhlak dalam bermuamalah dengan penganut agama lain, tetapi tidak dalam akidah. Sikap toleransi yang tidak melakukan campur tangan urusan peribadatan dan ajaran agama lain. "Islam agama yang tidak membenarkan pemaksaan orang lain (non-muslim) untuk berkeyakinan agama Islam," ungkapnya.


Sementara itu Pdt Erik Barus berharap agar moderasi beragama menjadikan ibadah kita terjamin sekaligus terjalinnya persatuan. "Keberadaan tokoh perempuan di sini harus bisa menjadi kabar baik. Karena setiap perempuan Kristen di manapun berada harus bisa memberi kabar baik dan menjalankan nilai-nilai cinta kasih," ungkapnya.


Acara dialog kerukunan diawali foto bersama antara panitia, narasumber dan peserta. Kegiatan yang berlangsung sehari itu berjalan menarik dan penuh keakraban. (R6/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com