Kerumunan Massa Terjadi Saat Sidang PKPU di PN Medan


163 view
Kerumunan Massa Terjadi Saat Sidang PKPU di PN Medan
Foto SIB/Rido Sitompul
PENUH SESAK : Ratusan massa  penuh sesak memadati ruang sidang Cakra I pada persidangan PKPU di PN Medan, Kamis (2/9).
Medan (SIB)
Ruang Cakra Utama Pengadilan Negeri (PN) Medan disesaki ratusan pengunjung sidang tanpa jaga jarak, Kamis (2/9). Pengunjung yang merupakan nasabah Yayasan Sari Asih Nusantara hadir di PN Medan dalam rangka menyaksikan sidang perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yayasan tersebut.

Meski sudah diingatkan petugas, namun kerumunan tak terelakkan, mereka tetap berkerumun. Hakim Pengawas Hendra Sutardodo yang memimpin jalannya persidangan menegur ibu-ibu yang mengobrol saat jalannya persidangan. "Ibu-ibu mohon tenang ya," ucap Hendra.

Namun karena massa yang terlihat terus memadati ruang sidang, hakim pengawas sempat menskor persidangan sekitar satu jam. Usai skor sidang dicabut, pengunjung kembali memadati ruang persidangan.

Dikarenakan kursi ruang persidangan sudah terisi penuh, beberapa pengunjung berdiri sambil merekam video jalannya persidangan.

Menanggapi hal tersebut, Humas Pengadilan Negeri Medan, Immanuel Tarigan mengatakan telah berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan. "Kita telah berusaha menerapkan Prokes," ucap Immanuel saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Salah seorang nasabah Yayasan Sari Asih Nusantara Cabang Medan, Yeni mengungkapkan bahwa ratusan nasabah telah hadir sejak pukul 09.00 WIB di PN Medan untuk mengikuti persidangan. "Katanya jam 10 sidangnya. Saya jam 9 sudah hadir tapi sidang ditunda karena hakimnya gak datang-datang,"ujarnya.

Dikatakannya, beberapa dari mereka juga hadir dan ada juga yang diwakili kuasa hukum untuk mengikuti jalannya persidangan guna memastikan kelanjutan uang yang sudah di tabung ke Yayasan Sari Asih Nusantara namun tak kunjung cair. "Dari dua tahun lalu saya tabung untuk anak saya, untuk pendidikannya. Setiap bulan saya membayar Rp200 juta," tandasnya. (A17/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com