Kerusakan Tiga RKB SDN 050776 Tanjungpasir Langkat Semakin Parah


127 view
Foto: SIB/Lesman Simamora
Tiga RKB SDN 050776 Tanjungpasir Langkat, kini dalam kondisi rusak parah, foto direkam, Selasa (4/5).
Pangkalansusu (SIB)
Tiga ruang kelas belajar (RKB) SD Negeri 050776 Tanjungpasir Kecamatan Pangkalansusu Kabupaten Langkat, kini semakin rusak parah.

Jika hujan turun disertai angin kencang, tidak menutup kemungkinan kuda-kuda bangunan gedung berikut atap seng terancam ambruk.

Material kayu kuda-kuda dan plafon bangunan sudah dalam kondisi lapuk yang mengakibatkan asbes berlepasan sehingga butuh segera perbaikan, sesuai pantauan langsung SIB, Selasa (4/5).

Buruknya kondisi RKB di sekolah tersebut selain karena bangunan ditengarai sudah termakan usia, juga minimnya perawatan yang dilakukan pihak berkompeten, ujar pemerhati pendidikan di Pangkalansusu, Chairuddin kepada SIB.

Kondisi sekolah bisa terjadi separah itu, kata dia, tidak terlepas dari akibat kurangnya perhatian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Langkat, sehingga kerusakan RKB terkesan luput dari pantauan pejabat terkait, ucapnya.

Padahal, lanjutnya, kerusakan tiga RKB di sekolah itu sudah menahun, tapi hingga saat ini belum juga ada perbaikan gedung yang dilakukan.

Jika benar proses belajar/mengajar dengan tatap muka dilaksanakan pada Juli 2021 ini, sesuai program pemerintah, kemungkinan besar peserta didik dan guru akan enggan masuk ruangan kelas, sebab material kayu plafon sudah banyak yang berlepasan serta banyak asbes nyaris berjatuhan.

"Dengan kondisi material kayu plafon lapuk dan berlepasan, maka diperkirakan bangunan itu tinggal menunggu bulannya akan ambruk, dan berpotensi menimpa siswa atau guru saat proses belajar/mengajar berlangsung di sekolah itu," terang Chairuddin.

Untuk itu, diminta perhatian dan keseriusan pejabat Dinas P&P Langkat untuk segera memperbaiki bangunan yang rusak, dan jangan sampai menunggu adanya korban, baru kemudian RKB yang rusak itu di perbaiki, ujarnya.

Kepala SDN 050776 Tanjungpasir, Irma Hidayah SPd saat akan dikonfirmasi SIB di sekolah, tidak berhasil ditemui.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Langkat, Dr Saiful Abdi coba dikonfirmasi SIB, Selasa (4/5), melalui pesan singkat dan dihubungi lewat sambungan WhatsAppnya, ia tidak menjawab. (A11/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com