Ketua DPC PDIP Minta Pemkab Dairi Jamin Kenyamanan Investor untuk Berinvestasi


139 view
Foto Dok
Resoalon Lumbangaol
Sidikalang (SIB)
Ketua DPC-PDIP Kabupaten Dairi Resoalon Lumbangaol minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi, memberikan kenyamanan bagi para investor yang sudah maupun yang akan berinvestasi.

Hal itu disampaikan, Resoalon Lumbangaol, Selasa (9/3) di Sidikalang. Disebutnya, sejumlah perusahaan di Dairi salah satunya PT Dairi Prima Mineral (DPM) yang sudah beberapa tahun melakukan eksplorasi tetapi sampai sekarang belum berproduksi.

Perusahaan tambang timah itu, sudah beberapa dekade hadir di Dairi tepatnya berlokasi di Desa Sopo Komil, Kecamatan Silima Pungga-Pungga.

"Kehadiran perusahaan itu sudah sejak masa kepemimpinan Bupati, Master Parulian (MP) Tumanggor, Johnny Sitohang dan sekarang dibawah kepemimpinan Bupati, Eddy Keleng Ate Berutu," katanya.

Menurutnya, sisi positif kehadiran perusahaan tambang itu sudah terlihat, dimana ada peningkatan perekonomian masyarakat. Misalnya, terbukanya lapangan kerja, perbaikan infrastruktur di ruas Sidikalang-Parongil sejak awal kehadiran perusahaan itu.

Memang kehadiran perusahaan tambang pasti ada pro dan kontra di masyarakat. Untuk itu, kata Resoalon, perusahaan perlu didorong memperhatikan / mempertimbangkan aspek sosial dan analisis dampak lingkungan (Amdal), agar masyarakat aman di kawasan pertambangan.

Disitulah diharapkan peran pemerintah, katanya, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang pro dan kontra, sehingga perusahaan maupun investor bisa nyaman berinvestasi.

"Pemerintah daerah harus menjamin investor nyaman berinvestasi dengan memberikan solusi agar segala permasalahan di masyarakat bisa diselesaikan," katanya.

Sesuai informasi, kata Resoalon, perolehan saham PT DPM sebanyak 51 persen dimiliki investor dari China dan 49 persen dimiliki perusahaan, Abu Rizal Bakrie. Sekarang banyak karyawan yang sebelumnya sudah direkrut dirumahkan.

Begitu juga tenaga ahli dari China, katanya, sudah dipulangkan. Investor diduga tidak nyaman, karena penolakan atau unjuk rasa dilakukan masyarakat. Padahal, Investor butuh kondusifitas. (B3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com