Ketua DPRD SU: Pemprov Sumut Terkesan Lamban Serap APBD TA 2021

* Dari Rp13,7 Triliun Total APBD, Baru Terserap 48 Persen Hingga Akhir Triwulan III

111 view
Ketua DPRD SU: Pemprov Sumut Terkesan Lamban Serap APBD TA 2021
Foto Istimewa
Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menegaskan, Pemprov Sumut di bawah kendali Gubernur Sumut Edy Rahmadi terkesan lamban menyerap APBD Sumut TA 2021. Terbukti, dari Rp13,7 triliun total APBD, baru terserap 48 persen atau sekira Rp6,5 triliun hingga posisi jelang akhir triwulan III.

"Artinya, serapan anggaran belum melampaui separuhnya dan angka itu belum maksimal. Padahal saat ini sudah hampir di penghujung tahun. Ini harus dikebut, jangan nanti SILPA (Sisa Lebih Penyediaan Anggaran) membengkak," tandas Baskami Ginting kepada wartawan, Rabu (29/9) melalui telepon saat berada di Jakarta.

Menurut politisi PDI Perjuangan Sumut ini, penyerapan anggaran ini sangat diperlukan di masa pandemi Covid-19 saat ini, agar bisa bermanfaat bagi masyarakat, sebab anggaran untuk pembangunan infrastruktur selama corona ini sangat minim.

"Kita tahu, APBD tahun ini juga lebih difokuskan kepada anggaran penanganan Covid-19 yang nilainya mencapai Rp1,1 triliun yang pelaksanaanya langsung dialokasikan ke dinas-dinas di jajaran Pemprov Sumut," tegas Baskami.

Berkaitan dengan itu, anggota dewan Dapil Medan ini minta Gubernur agar menginstruksikan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bergerak cepat menuntaskan serapan anggarannya di sisa waktu tahun anggaran yang tinggal 3 bulan lagi ini," tegasnya.

Selain itu, jelas Ketua Baguna DPD PDI Perjuangan Sumut ini, pimpinan OPD juga perlu meminta pandangan Inspektorat Sumut, guna mencegah adanya penyelewengan anggaran maupun cacat administrasi.

"Pemprov Sumut memiliki waktu tiga bulan lagi, mari maksimalkan agar bisa berdampak langsung pada perekonomian rakyat," pungkas Baskami seraya mengingatkan pimpinan OPD, jangan ada alasan ketakutan menyalahi aturan, sehingga lamban menyerap anggaran. (A4/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com