Ketua DPRD SU Desak Tim Percepatan Jalan Alternatif Medan-Berastagi Bekerja Maksimal


185 view
Ketua DPRD SU Desak Tim Percepatan Jalan Alternatif Medan-Berastagi Bekerja Maksimal
Foto Dok
Drs Baskami Ginting
Medan (harianSIB.com)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendesak tim percepatan pembangunan jalan alternatif jurusan Barusjahe Karo - Desa Rumah Liang Deliserdang - Delitua - Medan, untuk bekerja maksimal guna merealisasikan jalan tersebut sekaligus mengatasi kemacetan di jalur Medan - Berastagi serta ancaman bahaya longsor bagi pengguna jalan.

"Pemprov Sumut dan DPRD Sumut telah membentuk tim percepatan pembangunan jalan alternatif Medan - Berastagi yang diketuai Kepala Bappeda Sumut, Bappeda Karo maupun Deliserdang dan lainnya. Kita harapkan tim ini bergerak cepat merealisasikan pembangunan jalan alternatif tersebut, mengingat Jalan Medan - Berastagi saat ini sangat rawan longsor dan macet," ujar Baskami kepada jurnalis Koran SIB Firdaus Peranginangin, Rabu (17/11/2021) di DPRD Sumut.

Hal itu diungkapkan Baskami menanggapi kembali terjadinya longsot di Km 50 kawasan Desa Bandarbaru, yang mengakibatkan arus lalu-lintas di Jalan Medan - Berastagi terputus, sehingga terjadi kemacetan panjang yang tentunya menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat pengguna jalan.

"Di sini kita sangat berharap kepada tim perrcepatan pembangunan jalan alternatif tersebut bergerak cepat menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terkait pinjam pakai kawasan hutan serta Menteri PUPR dan DPR RI terkait pengalokasian anggaran pembangunannya di APBN," tambah politisi PDI Perjuangan Sumut itu.

Menurut anggota dewan Dapil Kota Medan ini, kondisi Jalan Medan - Berastagi saat ini sangat tidak memadai lagi sebagai jalur utama menuju Karo, sehingga diperlukan jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan, sebab pembangunan jalan tol dianggap masih terlalu lama, karena terbentur dengan anggaran yang besar.

"Jadi kita kembali mengingatkan kepada Tim Percepatan Pembangunan Jalan Alternatif jangan lagi berleha-leha, tapi harus bekerja secara marathon, sehingga apa yang telah kita rencanakan dapat segera terwujud, guna menghindari kerugian ekonomi dan ancaman bahaya longsor bagi masyarakat," tandas Baskami.

Menyinggung seringnya longsor di jalur Medan - Berastagi, Baskami meminta Pemprov Sumut, Pemko Medan, Pemkab Deliserdang dan Karo agar tetap siaga menghadapi ancaman terkait bencana di musim penghujan saat ini, dengan menyiapkan alat berat di sejumlah titik lokasi yang rawan longsor.

"Semua pihak harus ikut berpartisipasi mengatasi dampak bencana. Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sangat diutamakan melakukan langkah antisipasi serta penanganan area dan warga yang terdampak bencana," katanya.(*).

Editor
: Wilfred/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com