Ketua DPRD SU Dukung Pelaksanaan PTM 100 Persen di Sumut

* Pemprov dan Pemkab/Pemko Harus Kawal Ketat Prokes dan Waspadai Varian Baru Omicron

245 view
Ketua DPRD SU Dukung Pelaksanaan PTM 100 Persen di Sumut
Foto Ist/harianSIB.com
Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting

Medan (SIB)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di Sumut, sesuai instruksi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang sudah memberlakukan PTM 100 persen di Indonesia.


"Dalam pelaksanaan PTM 100 persen ini, kita meminta Pemprov Sumut Cq Dinas Pendidikan Sumut dan Pemkab/Pemko se-Sumut harus tetap mengkawal penerapan Prokes Covid-19, sekaligus mewaspadai virus varian baru omicron," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Selasa (4/1) di DPRD Sumut.


Selain itu, tambah politisi PDI Perjuangan Sumut ini, dengan merujuk kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19, sudah ada daerah yang melakukan PTM 100 persen, tergantung kondisi capaian vaksinasi dan level PPKM-nya.


"Di Sumut juga kelihatannya sudah semua daerah bisa melaksanakan PTM 100 persen, mengingat sejumlah kabupaten/kota sudah kategori PPKM Level 1 dan 2 ditambah capaian vaksinasi yang sudah mencapai 70-80 persen," tegas Baskami seraya menambahkan, yang terpenting dalam PTM nantinya tetap mematuhi Prokes Covid-19.


Yang tidak kalah pentingnya, tambah Ketua Baguna Sumut ini, capaian vaksinasi terhadap siswa/siswi atau anak usia 6-18 tahun harus tetap dikebut, agar tidak ada lagi keraguan bagi orang tua siswa/siswi terhadap anaknya yang melakukan PTM.


"Jadi di sini Dinas Pendidikan Sumut harus benar-benar mempedomani syarat pelaksanaan PTM sesuai SKB 4 menteri tersebut, yakni di daerah PPKM Level 1 dan 2, bisa melaksanakan PTM dengan kapasitas 100 persen dari ruang kelas dan lama belajar maksimal enam jam per hari," jelasnya.


Sementara diketahui, tambah Baskami, 26 kabupaten/kota di Sumut telah berada dalam status PPKM Level 1 dan sisanya 7 kabupaten, seperti Kabupaten Karo, Simalungun, Samosir, Batubara, Padanglawas Utara, Padanglawas dan Labuhanbatu Selatan berada di PPKM Level 2.


"Jika mengacu kepada SKB 4 menteri tersebut, Sumut sudah bisa melaksanakan PTM 100 persen dan kita berharap pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dengan dukungan penuh Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemko se-Sumut," tegas Baskami Ginting. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com