Ketua DPRD SU Dukung Wali Kota Medan Tumpas Habis Pungli di Medan

* Pungli Salah Satu Musuh Bangsa, Wajib Hukumnya Diberantas

88 view
Ketua DPRD SU Dukung Wali Kota Medan Tumpas Habis Pungli di Medan
Foto Dok
Drs Baskami Ginting
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendukung gebrakan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang memerintahkan anak buahnya menumpas habis segala bentuk pungli (pungutan liar) di Kota Medan.

"Kita sangat mengapresiasi ketegasan Wali Kota Medan yang ingin membersihkan Kota Medan, terutama pasar ataupun pajak dari tindakan Pungli. Tentu masyarakat ataupun para pedagang sangat senang," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Rabu (6/10) melalui telepon di Medan.

Hal itu diungkapkan Baskami menanggapi pernyataan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang memerintahkan anak buahnya menumpas pungli di pasar atau pajak.

"Pungli juga salah satu musuh bangsa dan musuh masyarakat, sehingga wajib hukumnya diberantas habis, agar Kota Medan benar-benar nyaman bagi seluruh masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya," tegas Ketua Baguna DPD PDI Perjuangan Sumut itu.

Diakui Baskami, Pungli ini tidak saja terjadi di kawasan pasar-pasar tradisional di Kota Medan yang korbannya para pedagang kecil. Tapi juga kerap terjadi di jalanan, di terminal angkutan serta dalam penyaluran bantuan terhadap masyarakat kurang mampu.

"Jadi dimana pun tempatnya, pungli tidak boleh dibiarkan. Bagi masyarakat yang mengetahui adanya pungli, untuk segera melaporkannya kepada penegak hukum," ujar Baskami sembari mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama membersihkan pungli di lingkungannya masing-masing.

Seperti diketahui, ujar Baskami, modus pungli yang terjadi di Kota Medan beragam. Ada pungli yang dilakukan dengan modus parkir, bongkar-muat terhadap truk-truk pengangkut bahan bangunan, hingga uang keamanan, sehingga sangat meresahkan masyarakat.

"Pungli ini tidak hanya dilakukan oleh oknum di pemerintah, preman dan orang tak berkepentingan. Tapi segala bentuk yang sifatnya meminta uang dengan tindakan yang tak pantas, juga termasuk pungli dan harus ditindak tegas," katanya. (A4/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com