Ketua DPRD SU Kunjungi Pondok Pesantren Purba Baru Madina

* Baskami: Pusat Peradaban Islam di Daerah ini Harus Terus Dijaga

77 view
Foto Dok/Staf
KUNJUNGI: Ketua DPRD Sumut  Drs Baskami Ginting didampingi Wakil Ketua Dewan Harun Mustafa Nasution dan H Yasyir Ridho Loebis mengunjungi  Ponpes (Pondok Pesantren) Musthafawiyah yang  dikenal dengan nama Pesantren Purba Baru, Kabupaten Madina (Mandailing Natal), Kamis (10/6).
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menyampaikan rasa kagumnya dengan pola pembinaan di Ponpes (Pondok Pesantren) Musthafawiyah yang dikenal dengan nama Pesantren Purba Baru, Kabupaten Madina (Mandailing Natal).

Rasa kagum itu disampaikan Baskami Ginting didampingi Wakil Ketua DPRD Sumut H Harun Mustafa Nasution dan H Yasyir Ridho Loebis, saat berkunjung ke Ponpes Musthafawiyah, Kamis (10/6) di Madina.

Rombongan pimpinan DPRD Sumut ini diterima pengurus Ponpes Musthafawiyah H Bakri Bin Abullah Bin Musthafa Bin Husein Bin Umar Nasution dan pengurus lainnya, sehingga pertemuan berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan.

Ponpes yang didirikan pada 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa Bin Husein Bin Umar Nasution Al-Mandaily berlokasi di kawasan lintas Ajang - Padang, Desa Purbabaru ini, menurut Baskami, sebagai salah satu pusat peradaban Islam di daerah ini dan harus terus dijaga serta dikembangkan.

Bahkan Baskami memuji Ponpes yang masih mempertahankan kekhasan pesantren ini dimana para santri mendiami semacam gubuk sederhana yang rata-rata berukuran 3 x 3 meter yang terlihat berjejer di kanan dan kiri perlintasan jalan lintas Sumatera.

"Keberadaan gubuk-gubuk ini merupakan satu ciri khas pesantren yang saat ini banyak dikagumi para orang tua untuk mendaftarkan anaknya belajar ke pesantren ini, hingga jumlah santrinya mencapai 3.000 siswa," ujar Baskami sembari menyampaikan rasa salutnya terhadap keberadaan Ponpes Musthafawiyah.(A4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com