Prestasi Olahraga di Sumut Merosot, Urutan 13 di PON XX Papua

Ketua DPRD SU Minta Gubernur Segera Benahi Olahraga dan Beri Perhatian Khusus Anggarannya di APBD


236 view
Ketua DPRD SU Minta Gubernur Segera Benahi Olahraga dan Beri Perhatian Khusus Anggarannya di APBD
Foto Dok
Drs Baskami Ginting
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting melihat, prestasi bidang keolahragaan di Sumut semakin merosot, sehingga hanya bisa menempati peringkat ke 13 di PON XX Papua. Peringkat tersebut berada di bawah Provinsi Riau yang menempati urutan ke delapan klasemen akhir.

"Pencapaian tersebut, merupakan titik terendah sejak perhelatan yang sama di tahun 2004, setidaknya dalam lima penyelenggaraan pesta olahraga terakhir ini," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Minggu (17/10) melalui telepon di Medan.

Melihat kemerosotan tersebut, Baskami menyampaikan rasa keprihatinannya dan meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk segera membenahi keolahragaan di daerah ini dengan memberikan perhatian khusus anggarannya di APBD Sumut.

"Tanpa mengurangi rasa hormat atas jerih payah kontingen, para atlet, pelatih, official yang telah berjibaku membawa nama besar Sumut di PON XX Papua. Tapi capaian tersebut kurang maksimal, sehingga kedepannya perlu lebih gigih berlatih dan tentunya harus didukung anggaran dari Pemprov Sumut," tegas Baskami.

Menurut Baskami, Pemprov Sumut sepatutnya meningkatkan kembali kejayaan olahraga di Sumut, terutama di pentas nasional, dengan memperhatikan dari sisi anggaran secara maksimal.

Selain itu, katanya, ketersediaan sarana maupun prasarana juga tidak boleh luput dari perhatian pemerintah, termasuk biaya dan anggaran lainnya untuk kesejahteraan para atlet yang selama ini terkesan diabaikan.

Dalam kesempatan ini, politisi PDI Perjuangan Sumut ini juga meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap persiapan PON selanjutnya, mengingat Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Provinsi Aceh.

"Kita akan menjadi tuan rumah di tahun 2024. Kejadian ini tak boleh terulang kembali, harus ada peningkatan prestasi yang signifikan. Sumut hendaknya jangan lagi di bawah peringkat Provinsi Riau," jelasnya. (A4/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com