Ketua DPRD SU Minta Pemprov Salurkan Dana Kontinjensi untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa di Taput


234 view
Ketua DPRD SU Minta Pemprov Salurkan Dana Kontinjensi untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa di Taput
Foto : Ist/harianSIB.com
 Drs Baskami Ginting.

Medan (SIB)


Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta Pemprov Sumut segera menyalurkan dana bantuan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi gempa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), guna memperbaiki pemukiman penduduk dan rumah ibadah yang mengalami kerusakan.

"Untuk membantu Pemkab Taput, saya kira kita harus menyalurkan bantuan dana rehabilitasi dan rekonstruksi kepada para korban yang telah dialokasikan di APBD Sumut sebagai dana bencana, guna mengurangi beban saudara kita yang berada di Taput," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (3/10) melalui telepon dari Jakarta.

Baskami menjelaskan, berdasarkan sumber pendanaan, ada tiga kategori atas alokasi bantuan tersebut yang dicantumkan di APBD Sumut, yakni dana kontinjensi bencana. Dana itu dicadangkan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tertentu di Sumut.

Selain itu, ujar Ketua Baguna DPD PDI Perjuangan Sumut ini, ada juga dialokasikan dana siap pakai/on call yang akan digunakan langsung pada saat tanggap darurat serta bantuan sosial berpola hibah yaitu untuk pasca bencana.

Namun sebelum dana tersebut disalurkan, Pemprov Sumut beserta Pemkab Taput dan institusi terkait lainnya, harus melakukan verifikasi dan pendataan kerusakan pemukiman penduduk maupun fasilitas pelayanan publik sekaligus mengusulkan kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Dalam kesempatan itu, Baskami juga meminta Pemkab Taput untuk memastikan ketersediaan alokasi anggarannya dari APBD untuk rehabilitasi pasca gempa, karena dengan hanya mengandalkan bantuan dari APBD Sumut, tentunya kurang mencukupi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com