Ketua DPRD SU Miris Masuknya Peredaran Narkoba di Lingkungan Kampus USU

* Perlu Kerja Sama BNNP Sumut dengan Para Rektor Bersihkan Kampus Narkoba

122 view
Ketua DPRD SU Miris Masuknya Peredaran Narkoba di Lingkungan Kampus USU
Foto Istimewa
Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting sangat miris mendengar masuknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus USU, sehingga diperlukan kerja sama BNNP Sumut dengan para rektor universitas di Sumut untuk membersihkan seluruh lingkungan maupun seluruh kampus dari peredaran barang haram tersebut.

"Benar-benar miris mendengar adanya penggrebekan BNNP Sumut di Fakultas Ilmu Budaya Dasar USU pada Sabtu (9/10) dan mengamankan salah seorang tersangka berinisial JHS (28) yang diduga pengedar narkotika jenis ganja serta menjaring 47 orang," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (11/10) di DPRD Sumut.

Jika demikan halnya, tambah Baskami, berarti peredaran dan penyalahgunaan narkoba sudah menyusup dan merambah ke dunia intelektual dengan target menghancurkan para generasi muda Sumut.

"Ini tidak boleh dibiarkan, BNNP Sumut kita minta lebih luas lagi melakukan razia ke kampus-kampus bekerja sama dengan para rektor, jangan sampai para intelektual muda kita jadi korban. Mau ke mana bangsa ini, bila kaum intelektual yang merupakan penerus bangsa, menjadi pecandu narkoba," tegas Baskami.

Berkaitan dengan itu, politisi PDI Perjuangan Sumut itu mengapresiasi langkah cepat BNNP Sumut dan pihak Rektor USU dalam mengendus tempat penyalahgunaan narkoba dimaksud, sehingga peredarannya belum sampai meluas ke fakultas lain.

"Kita berharap kepada semua pihak agar bekerja sama dengan pihak BNNP Sumut dalam hal pemberantasan obat terlarang ini, untuk menghilangkan image negatif, bahwa Sumut terkenal gudang narkoba serta menduduki peringkat pertama dalam penyalahgunaan narkoba baik aktif maupun pasif," tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, BNNP Sumut melakukan razia di Fakultas Ilmu Budaya USU, Sabtu (9/10) sekira pukul 23.00 WIB. Dalam razia tersebut, BNNP mengamankan tersangka JHS (28) yang merupakan pengedar narkotika jenis ganja serta menjaring 47 orang lainnya.

Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Habinsaran Panjaitan mengatakan, pengungkapan praktik penyalahgunaan narkotika jenis ganja itu dilakukan berkat kerjasama dengan pihak Rektorat USU.

Dikatakan, hasil tes urin 31 orang yang terjaring dalam razia itu positif narkotika jenis ganja. 14 di antaranya berstatus mahasiswa USU, 6 orang merupakan alumni USU dan 11 lainnya masyarakat sekitar. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com