Ketua DPRD SU Prihatin Tingginya Angka Laka Lantas Setiap Tahun di Sumut


440 view
Ketua DPRD SU Prihatin Tingginya Angka Laka Lantas Setiap Tahun di Sumut
(Foto: SIB/Firdaus Peranginangin)
TERIMA : Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menerima kunjungan Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumut Thamrin Silalahi didampingi sejumlah stafnya, Kamis (10/2) di ruang kerja Ketua DPRD Sumut. 

Medan (SIB)

Ketua DPRD Drs Baskami Ginting mengungkapkan keprihatinannya atas tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Sumut, sehingga diperlukan sinergitas antara pemerintah, PT Jasa Raharja maupun kepolisian, guna menekan angka tersebut.


Hal itu diungkapkan Baskami Ginting saat menerima kunjungan Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumut Thamrin Silalahi didampingi sejumlah stafnya, Kamis (10/2), di ruang kerja Ketua DPRD Sumut.


"Kita sangat prihatin, angka kecelakaan laka lantas di Sumut dari berbagai penyebab masih tinggi, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah strategis dan identifikasi. Apakah itu dikarenakan human error, faktor pengawasan kendaraan, prasarana maupun infrastruktur yang ada," jelas Baskami Ginting.


Politisi PDI Perjuangan Sumut ini juga mendorong PT Jasa Raharja melakukan perbaikan rambu-rambu lalu lintas yang telah rusak maupun pembuatan marka jalan, serta terus mengingatkan masyarakat agar tertib berlalu lintas, agar angka laka lantas bisa dikurangi.


Santunan

Sebelumnya, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumut Thamrin Silalahi mengatakan, pada tahun 2020 dan 2021 terjadi kenaikan nominal santunan yang disebabkan oleh tingkat fasilitas korban atau jumlah korban meninggal dunia meningkat, akibat laka lantas.


Meningkatnya nominal santunan yang diberikan mencapai 100 persen, tidak dibarengi dengan kenaikan premi sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No 15 dan 16/PMK.10/2017 tertanggal 13 Februari 2017.


"Terkait jumlah potensi kendaraan bermotor di Sumut saat ini mencapai 7.025.636 unit dan tingkat kepatuhan totalnya mencapai 1.818.927 unit atau hanya sebesar 25,89 persen," katanya.


Di akhir pertemuan, Baskami menyampaikan apresiasinya kepada PT Jasa Raharja yang telah berupaya maksimal dalam memberi respons terhadap korban laka lantas dengan gerak-cepat menjemput bola ke lapangan, sehingga dana santunan tersebut bisa cepat teratasi. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com