Ketua DPRD SU Soroti Minimnya Perhatian Pemkab Karo terhadap Atlet-atlet Olahraga


231 view
Ketua DPRD SU Soroti Minimnya Perhatian Pemkab Karo terhadap Atlet-atlet  Olahraga
(Foto: Dok/Baskami)
Sosialisasi: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menggelar sosialisasi  Perda No 1/2020 tentang keolahragaan, di  Sekretariat KONI Kabupaten Karo  Kompleks Stadion Samura Kabanjahe, Jumat (20/8/2021).
Medan (harianSIB.com)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menyoroti minimnya perhatian Pemkab Karo terhadap atlet-atlet olah raga di daerah "Bumi Turang" tersebut. Padahal, perjuangan para atlet sangat gigih untuk mengharumkan nama daerah, walau tidak mendapatkan dukungan anggaran dari APBD Karo.

Hal itu disampaikan Baskami Ginting kepada jurnalis Koran SIB Firdaus Peranginangin, Jumat (20/8/2021), melalui telepon di Medan, seusai melaksanakan Sosialisasi Perda No 1/2020 tentang Keolahragaan, di Sekretariat KONI Kabupaten Karo Kompleks Stadion Samura Kabanjahe.

Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Wakil Ketua Umum II H Sakiruddin, Sekretaris Umum Chairul Azmi Hutasuhut, Wakil Ketua Bidang Organisasi Muhammad Zeinizen, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi dan sejumlah pengurus KONI Karo.

Baskami meminta Pemkab Karo mengalokasikan anggaran pembinaan olahraga di APBD, guna memacu prestasi atlet Karo yang pernah meraih juara umum kedua Porprov Sumut 2015 dan 2019 juara umum ketiga tanpa ada bantuan dana dari APBD Karo.

"Apalagi untuk PON Papua, ada 12 atlet Karo membawa nama Sumut. Prestasi ini wajib jadi perhatian kita,’’ ujar politisi PDI Perjuangan Sumut ini sembari meminta Pemkab Karo lebih serius menangani prestasi olahraga guna mengangkat nama daerah.

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting berjanji memperjuangkan anggaran pembinaan olahraga di APBD Karo dan mengapresiasi perjuangan Ketua DPRD Sumut dan Ketua Umum KONI Sumut menggelorakan Perda Keolahragaan dalam upaya melindungi para pelaku olahraga.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, terbentuknya Perda tentang keolahragaan merupakan turunan dari undang-undang sistem keolahragaan nasional dan diharapkan kepada Pemkab Karo, agar menyiapkan Perda keolahragaan dengan merujuk kepada Perda yang sudah ada Kabupaten Kutai Kartanegara.

Jhon Ismadi juga menyampaikan rencana pengembangan kawasan olahraga baru di Siosar, di antaranya pembangunan lintasan atletik dengan tartan, sehingga Karo menjadi gudang atlet bukan hanya bagi Sumut tapi juga bagi Indonesia. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com