Ketua DPRD SU Terima Rombongan BI Perkenalkan Uang Cetakan Baru

* Desain Uang Baru Lebih Menarik dan Sarat Nilai Nasionalisme

180 view
Ketua DPRD SU Terima Rombongan BI Perkenalkan Uang Cetakan Baru
(Foto: SIB/Firdaus Peranginangin)
UANG BARU: Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi sedang  memperkenalkan uang cetakan baru tahun emisi 2022 kepada Ketua DPRD Sumut, Jumat (19/8) di gedung dewan. 

Medan (SIB)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menerima kunjungan rombongan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut yang memperkenalkan uang cetakan baru tahun emisi 2022, Jumat (19/8).

Rombongan BI yang terdiri dari Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi, Deputi Kepala Perwakilan Ibrahim dan Kepala Divisi SP PUR dan Manajemen Intern Nasrullah diterima Baskami Ginting di ruang kerjanya di gedung dewan.

Doddy Zulverdi menjelaskan, ada tiga aspek inovasi penguatan uang tahun emisi 2022 ini, yakni desain lebih tajam, pengaman lebih andal dan ketahanan bahannya lebih baik dari sebelumnya.

Inovasi tersebut dimaksudkan, kata Doddy, agar Rupiah semakin mudah dikenali ciri khas keasliannya, beserta kenyamanan dan aman tatkala digunakan dan lebih lebih sulit dipalsukan, sehingga semakin berkualitas dan terpercaya menjadi kebanggaan Indonesia.

Sementara itu, Baskami menilai, desain uang baru itu lebih menarik dan sarat dengan nilai nasionalisme.

Tampilannya juga terlihat sangat mencirikan kekayaan nasional Bangsa Indonesia.

"Aspek kekayaan alam serta kebudayaan nasional seperti pemandangan kepulauan yang indah dan kaya akan hayati serta disuguhi gambaran tarian, pakaian adat. Secara tersirat yang ingin disampaikan, bahwa kekayaan bangsa ini tak hanya soal kekayaan alam saja, melainkan kebudayaan nasional yang tak terukur nilainya," jelasnya.

Baskami menambahkan, uang sebagai simbol kedaulatan bangsa, mestinya memunculkan 'pride' alias kebanggaan bagi penggunanya.

Apalagi para tokoh yang ada di uang tersebut, merupakan pahlawan nasional, pejuang kemerdekaan yang tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Politisi PDI Perjuangan itu, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bank Indonesia dan Menkeu Sri Mulyani, yang terus meningkatkan kualitas cetakan uang rupiah dan tentunya ini momentum menggairahkan kembali perekonomian bangsa agar lebih cepat pulih, bangkit dan kuat. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com