Ketua DPRD SU dan Gubernur Sumut Tandatangani Perubahan Perda RPJMD 2019-2023


103 view
Ketua DPRD SU dan Gubernur Sumut Tandatangani  Perubahan Perda RPJMD 2019-2023
(Foto SIB/Firdaus Peranginangin)
Tandatangani: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting  dan Gubernur Sumut  Edy Rahmayadi menandatangani keputusan bersama perubahan Perda tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2019-2023, disaksikan Wakil Ketua Dewan Harun Mustafa Nasution, Rahmansyah Sibarani dan Sekwan H Afifi. Lubis, Kamis (25/11/2021) di ruang paripurna DPRD Sumut.
Medan (harianSIB.com)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menandatangani keputusan bersama perubahan Perda tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2019-2023, Kamis (25/11/2021) di ruang paripurna DPRD Sumut.

Berdasarkan laporan jurnalis Koran SIB Firdaus Peranginangin, penandatangan tersebut dilakukan Baskami Ginting dan Edy Rahmayadi, setelah semua fraksi di DPRD Sumut menerima dan menyetujuinya lewat pandangan akhirnya pada rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap Ranperda perubahan Perda No 5 tahun 2019 tentang RPJMD 2019-2023.

Gubernur mengatakan, penyusunan Ranperda perubahan Perda tersebut untuk merevisi kebijakan PJMD untuk 2 tahun ke depan sebagai tindak-lanjut dari munculnya beberapa peraturan dan kebijakan nasional, serta perkembangan keadaan daerah yang mempengaruhi perencanaan pembangunan, sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya.
Adapun tujuan penyusunan Ranperda ini, kata Edy, untuk menetapkan kebijakan pembangunan jangka menengah selaras perkembangan keadaan dan penyesuaian terhadap kebijakan pemerintah pusat.
Juga sebagai pedoman penyusunan perubahan renstra perangkat daerah, rencana kerja pemerintah daerah dan penyusunan R-APBD sampai akhir periode RPJMD serta terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antara perencanaan pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten/kota dengan provinsi yang berbatasan.
"Penyusunan ini juga sebagai perwujudan dari visi misi daerah dan akan diimplementasikan melalui program dan kegiatan dengan indikator yang menjadi acuan dalam penentuan arah keberhasilan pembangunan," katanya.
Dalam pelaksanaan visi Sumut yang maju, aman dan bermartabat, ungkap Edy, dijabarkan dalam 5 misi (mewujudkan Sumut bermartabat dalam kehidupan, politik, pendidikan, pergaulan dan lingkungan) dengan strategi membangun desa menata kota.
Selain itu, katanya, juga mendukung pembangunan nasional yang diproyeksikan 7 target makro pembangunan daerah dan 8 indikator kinerja utama yang diwujudkan melalui strategi kebijakan kolaborasi perencanaan pembangunan daerah, penerapan pola money follow program priority, inovasi pengendalian perencanaan pembangunan melalui gagasan 3SP (Sukses Perencanaan, Sukses Pelaksanaan dan Sukses Pencapaian).(*).

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com