Ketua DPRD Simalungun Minta Perubahan RABDes untuk Pembelian Pupuk


114 view
Ketua DPRD Simalungun Minta Perubahan RABDes untuk Pembelian Pupuk
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani

Simalungun (SIB)

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kamis (4/8) mengharapkan adanya perubahan RABDes (Rencana Anggaran dan Belanja Desa) tahun 2022.

Tujuannya, dalam pengelolaan anggaran bersumber dari DD dapat dialokasikan untuk pembelian pupuk untuk dibagikan kepada masyarakat dalam mempertahankan eksistensi usaha tani.

Berdasarkan pengamatan lapangan pada saat melakukan reses, masyarakat pada umumnya menyuarakan kelangkaan pupuk urea bersubsidi di pasaran, sangat mengganggu aktivitas usaha tani, terutama pada masa perawatan tanaman.

Kabupaten Simalungun dikenal dengan daerah agraris, hampir 60 persen dikatakan terdiri dari areal pertanian.

Dalam hal ini tentu butuh dukungan sarana dan prasarana produksi yang cukup, selama masa perawatan tanaman.

Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi yakni pupuk. Karenanya, untuk membantu pengadaan pupuk tersebut dikatakan dengan mengubah RABDes dengan menampung anggaran pembelian pupuk, dananya bersumber dari DD (Dana Desa).

Pengalokasian anggaran pembelian pupuk tersebut dinilai sangat tepat, mengingat salah satu butir peruntukan DD dikatakan adalah mendukung usaha tani dalam upaya memproduksi bahan pangan, mempersiapkan ketahanan pangan lokal maupun nasional.

Perubahan RABDes diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2022 dan kalaupun masih ada kendala, selambatnya tahun 2023 sudah direalisasikan.

Rencana pembelian pupuk disarankan adalah mengingat keterbatasan kuota yang dapat dipenuhi pihak produsen.

Pasokan pupuk urea bersubsidi untuk Kabupaten Simalungun dikatakan biasanya kurang 30 persen dari permintaan, sesuai RDKK (Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok) tani. (BR 4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com