Ketua DPRD dan Bupati Simalungun Soroti Truk Pengangkut Kayu Berpotensi Merusak Jalan


1.400 view
Ketua DPRD dan Bupati Simalungun Soroti Truk Pengangkut Kayu Berpotensi Merusak Jalan
Foto: Dok/Ando Maraja Sitio
MELINTAS: Truk pengangkut kayu melintas di jalan umum, dekat perbatasan Pematangsiantar-Simalungun, belum lama ini.
Simalungun (harianSIB.com)

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengatakan, salah satu penyebab kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun, akibat bebasnya truk pengangkut kayu melintas di jalan umum.

"Truk TPL (Toba Pulp Lestari) diduga salah satu faktor penyebab cepatnya jalan rusak. Kenapa, karena kita lihat secara kasat mata, truk itu mengangkut kayu dengan beban berat," kata Sibarani, Kamis (17/6/2021).

Menyikapi hal tersebut, ia meminta PT TPL Tbk memberi atensi untuk ikut bersama-sama dengan Pemkab Simalungun menyukseskan program "marharoan bolon" (gotong-royong) membenahi jalan rusak.

"Kita harapkan, semua perusahaan di Simalungun mempunyai kewajiban untuk marharoan bolon membenahi jalan rusak karena menyangkut kelancaran usaha, termasuk TPL," urai Sibarani.

Menurutnya, jalan rusak yang selama ini dilintasi truk TPL patut mendapat perhatian dari pihak TPL agar melakukan pembenahan terhadap infrastruktur tersebut. APBD dinilai terbatas untuk membangun seluruh ruas jalan rusak.
"Saran saya, Bupati juga melakukan kajian, ditinjau kembali perizinan jika memang perusahaan tidak menguntungkan bagi pemerintah dan masyarakat," pungkas Sibarani.

Terpisah, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, belum lama ini, ia sudah melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah perusahaan, BUMN, perbankan perkebunan swasta, dan lainnya termasuk pihak PT TPL.

Dalam rapat tersebut, disepakati untuk bersama-sama menyukseskan konsep marharoan bolon membenahi kerusakan jalan.

"Belum lama ini, kita sudah konsultasi dengan Humas TPL, berjanji membenahi jalan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat direspon," tutur Bupati. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com