Ketua FPDIP DPRD Sumut Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Saribudolok


131 view
Ketua FPDIP DPRD Sumut Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Saribudolok
Foto: SIB/Mey Hendika Girsang
FOTO BERSAMA: Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara, Mangapul Purba SE foto bersama pemenang lomba lagu kebangsaan di Dear Cafe di Jalan Saran Padang Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Sabtu (26/6).
Simalungun (SIB)
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara, Mangapul Purba SE sosialisasi Perda Pemprov Sumut nomor 1 tahun 2021 tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya di Dear Cafe Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Sabtu (26/6).

Dalam sosialisasi ini, Mangapul menghadirkan narasumber dari Tenaga Ahli Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut DR Aswan Jaya SH MKomI. Hadir anggota DPRD Simalungun Junita Veronika Munthe, Camat Silimakuta Jan Crisdo Damanik, dan undang lainnya.

Mangapul mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi penyalahgunaan narkoba ini, agar generasi bangsa tidak terkontaminasi dalam penggunaan barang haram tersebut.

"Narkoba ini bukan hanya masalah di Indonesia, tapi sudah menjadi masalah di dunia. Karena itu, kita lakukan sosialisasi agar masyarakat khususnya generasi bangsa tidak terpapar bahaya narkoba. Bagi yang sudah kecanduan, lepas dari narkoba," katanya.

Dia berharap, melalui sosialisasi ini masyarakat paham, bahwa narkoba merusak bangsa dan menjadikan manusia terpuruk, sehingga tidak bisa berfikir normal. Muaranya, mengarah keperilaku buruk yang merugikan banyak pihak.

"Oleh karenanya, mari kita 'marharoan bolon' membebaskan bahaya narkoba dari lingkungan masyarakat, agar bangsa ini maju tanpa narkoba," ujarnya.

Pantauan wartawan, dalam sosialisasi itu Mangapul juga mengadakan lomba nyanyi kebangsaan tingkat pelajar dan umum. Lagu yang dibawakan di antaranya 'Garuda Pancalisa' dan 'Indonesia Pusaka'. Lomba itu digelar untuk memperingati Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno.

Lomba Nyanyi
Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara, Mangapul Purba SE menggelar lomba nyanyi kebangsaan tingkat pelajar dan umum di Dear Cafe di Jalan Saran Padang Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Sabtu (26/6).

Lomba itu dilakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, lomba itu digelar juga untuk memperingati Bulan Bung Karno.

"Kita tahu, bahwa Pancasila itu adalah dasar negara kita, sebagai pemersatu rakyat dari Sabang sampai Merauke. Karena itu, kita lakukan lomba nyanyi kebangsaan dalam memperingati itu, agar semua paham bahwa Pancasila itu dasar negara kita, yang tidak bisa dirubah," tegasnya.

Dewan juri dalam lomba itu Joreaman Sipayung, Junita Munthe dan Rolince Maria. Pemenangnya adalah Ida Sipayung juara 1, Dame Barus meraih juara 2, Rey Septian Turnip juara 3 dan juara harapan diraih Hotma Naibaho dan Dwi Sipayung. Semua kegiatan berjalan kondusif dan mematuhi protokol kesehatan. (D5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com