Ketua Fraksi A DPRK Agara Timbul Hasudungan Samosir Cabut Izin Distributor Pupuk Nakal


530 view
Kutacane (SIB)- Ketua Komisi A DPRK Agara Timbul Hasudungan Samosir mendesak bupati dan instansi terkait, agar mencabut izin distributor nakal di Negeri Tanoh Alas.

Pasalnya, akibat ulah distributor nakal pupuk urea bersubsidi di pasar menjadi langka dan kalaupun ada sangat mahal. 

Demikian diutarakan Ketua Komisi A DPRK Aceh Tenggara Timbul Hasudungan Samosir kepada SIB di Kutacane Rabu (13/4).

“Ada distributor yang mendapat jatah 100 ton pupuk urea bersubsidi, namun yang dipesan atau ditebus kepada penyalur, hanya setengah dari alokasi yang ditetapkan pemerintah. Hal ini mengakibatkan pupuk langka dan harga dengan sendirinya melambung,” tandas Timbul politikus PDIP Agara tersebut.

Selain itu, invasi satu distributor ke wilayah lain yang bukan menjadi wilayah kerjanya, dengan sendirinya membuat harga HET pupuk urea bersubsidi bervariasi, mulai dari Rp.88 ribu sampai Rp.92 ribu per zak ukuran 50 kg.

Timbul mengkritik pembagian wilayah kerja distributor yang selama ini dibagi-bagi dalam beberapa wilayah, karena hal tersebut tidak dapat membantu melindungi petani dari problema langka dan mahalnya pupuk bersubsidi. Karena itu, sebaiknya wilayah distributor itu disatukan saja agar harga HET bisa diseragamkan dan petani tidak dirugikan dengan permainan distributor nakal.

Di akhir keterangannya, Timbul yang datang langsung ke kantor PWI Agara mengatakan, atas kelangkaan pupuk urea bersubsidi dan melambungnya harga elpiji dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya mendesak bupati dan Kepala SKPK instansi terkait  bertindak tegas.

‘Cabut saja izin distributor pupuk urea bersubsidi yang merugikan petani dan cabut izin distributor maupun agen elpiji nakal yang mengakibatkan masyarakat sulit mendapatkan pupuk dan elpiji,” ujarnya. (B06/h)
        
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com