Ketua IDI Sumut Nakes Pertama Disuntik Vaksin Moderna di RS Adam Malik


363 view
Ketua IDI Sumut Nakes Pertama Disuntik Vaksin Moderna di RS Adam Malik
(Foto: harianSIB.com/Leo Bukit)
SUNTIK: Ketua IDI Sumut dr Ramlan Sitompul disuntik vaksin jenis moderna oleh petugas, di Gedung Paviliun RSUP H Adam Malik, Senin (2/8/2021). 
Medan (harianSIB.com)
Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumatera Utara (IDI Sumut) dr Ramlan Sitompul menjadi tenaga kesehatan (nakes) pertama disuntik vaksin jenis Moderna, di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik, Senin (2/8/2021).

"Benar ini dosis ketiga. Untuk nakes injeksi vaksin Moderna sudah mulai dilakukan. Karena saya tugas di RSUP H Adam Malik, maka saya yang pertama melakukan vaksinasi booster ini," katanya kepada harianSIB.com.

Ia mengaku dirinya tidak merasakan efek samping pasca vaksin Moderna. Oleh karena itu, ia mengimbau para tenaga kesehatan untuk tidak ragu diinjeksi booster atau dosis tiga dengan menggunakan vaksin Moderna.

Ia juga meyakini vaksinasi booster yang menggunakan vaksin Moderna dapat meningkatkan kekebalan imunitas tubuh. "Baru saja saya siap divaksin. Sejauh ini aman-aman saja. Saya sangat yakin dengan vaksin Moderna, saya rasa ini baik,” kata Ramlan.

"Sebagai Ketua IDI Sumut memberikan contoh, karenanya saya oke pertama kali disuntik di RSUP H Adam Malik ini. Supaya tidak ada ragu-ragu para nakes karena ini untuk memberikan perlindungan maksimal," katanya.

Ramlan yang juga dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan ini mengatakan, mayoritas nakes di Sumut sudah menjalani injeksi vaksinasi dosis pertama dan kedua. Jika pun belum, karena kondisi kesehatan para nakes tersebut.

"Kita ini frontliner karena langsung berhadapan dengan pasien positif Covid-19. Jadi kalau saya sarankan seluruh nakes jangan ragu-ragu sesegera mungkin kalau ada kesempatan untuk dapat diimunisasi yang ketiga,” tutupnya.

Terpisah, Sub Koordinator Hukormas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak membenarkan pihaknya melakukan penyuntikan vaksin jenis Moderna kepada nakes.

"Iya benar dilakukan di Gedung Paviliun. Besok saja untuk keterangan lebih lanjut, karena pukul 16.00 WIB tadi dimulai," ujarnya melalui aplikasi pesan. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com