Ketua Koperasi Tani Mandiri Dilaporkan ke Kejari Asahan


1.148 view
Ketua Koperasi Tani Mandiri Dilaporkan ke Kejari Asahan
Istimewa
Kasi Intel Kejari Asahan : Josron Malau SH
Kisaran (harianSIB.com)
Ketua Koperasi Tani (Koptan) Mandiri HM Wahyudi dilaporkan ke Kejari Asahan oleh DPC Pos Perjuangan Rakyat (Pospera), karena diduga telah menyelewengkan dana bergulir sebesar Rp 20 miliar dari Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ketua Koptan Mandiri juga dilaporkan dugaan penyelewengan bantuan bibit sebanyak 20 ribu batang yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup di tahun 2017, untuk program Hutan Tanaman Rakyat (HTR).

Ketua DPC Pospera Asahan Atong Sigalingging kepada harianSIB.com, Rabu (21/7/2021), menyebutkan laporan mereka bukan tanpa dasar. Terkait dugaan penyelewengan dana bergulir didasari berita harianSIB.com pada Selasa tanggal 4 Oktober 2016, Koptan Mandiri mendapatkan dana bergulir sebesar Rp 20 miliar dari BLU Pusat P2H Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Terkait 20 ribu batang bibit, sebut Atong, tidak ada 1 batang terlihat tumbuh tanaman keras dari bibit yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup sebagai program HTR, di areal yang dimiliki Koptan Mandiri di Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang.

"Yang berdiri tumbuh malah tanaman sawit. Jadi kemana bibit 20 ribu batang yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup tersebut," ucap Atong.

Ketua Koptan Mandiri H M Wahyudi ketika dikonfirmasi harianSIB.com, Kamis (22/7/2021), melalui telepon seluler membantah pihaknya ada menerima dana bergulir seperti yang dilaporkan DPC Pospera Asahan.

"Hoax itu," katanya.

Terkait bibit 20 ribu batang dari Kementerian Lingkungan Hidup di tahun 2017, Wahyudi membenarkan ada menerima.

"Semua bibitnya mati karena tidak sesuai dengan kultur tanah," jelasnya.

Kajari Asahan melalui Kasi Intel Josron Malau ketika ditemui harianSIB.com, Kamis (22/7/2021), membenarkan ada pertemuan dengan Pospera Asahan.

"Laporan resmi belum ada, sifatnya masih pemberitahuan. Hari Senin depan rencana mereka melaporkan secara resmi," pungkas Josron. (*)

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com