Ketua YKI Sumut Nawal Lubis Kunjungi Anak Nelayan Pengidap Hydrocephalus dan Lumpuh


107 view
Ketua YKI Sumut Nawal Lubis Kunjungi Anak Nelayan Pengidap Hydrocephalus dan Lumpuh
Foto: Dok/Humas Pemprov Sumut
KUNJUNGI: Ketua YKI Provinsi Sumut Nawal Lubis mengunjungi dan memberikan bantuan kepada dua anak nelayan pengidap hydrocephalus dan lumpuh, di Desa Palu Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Selasa (9/8). 

Deliserdang (SIB)

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Sumatera Utara (YKI Sumut) Nawal Lubis mengunjungi dua anak nelayan di Desa Palu Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Selasa (9/8). Dua anak dari keluarga kurang mampu ini adalah Iksan Hambali (10 bulan) bayi pengidap hydrocephalus dan Riski Soliwa (10 tahun) lumpuh akibat mengalami pembekuan darah di kepala.


Iksan Hambali, putra pertama pasangan Ramlan dan Iptinuroh, telah mengidap hydrocephalus (penumpukan cairan di rongga otak sehingga meningkatkan tekanan pada otak) sejak lahir. Sedangkan Riski Soliwa, putra pertama pasangan Solihin dan Wirda, menderita pendarahan dalam kepala akibat terbentur pada usia delapan tahun. Trauma tersebut mengakibatkan anak tersebut mengalami kebutaan dan lumpuh secara bertahap.


Dua keluarga yang tergolong kurang mampu tersebut ternyata belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Padahal, DTKS merupakan sumber data utama pemerintah dalam menetapkan sasaran bagi program pemberian bantuan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.


Prihatin atas kondisi tersebut, Nawal berharap, dinas terkait dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera membantu dua keluarga ini, agar masuk dalam daftar DTKS. Sehingga bisa mendapatkan berbagai program bantuan sosial dari pemerintah pusat, agar terbantu dalam memenuhi kebutuhan hidup serta pengobatan untuk Iksan dan Riski.


Nawal yang didampingi Kepala Dinas Sosial Basarin Yunus Tanjung, juga memberikan semangat dan meminta keluarga tetap melakukan upaya terbaik untuk merawat kedua anak tersebut. Sebab, menurut Nawal, cobaan yang dialami kedua keluarga adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, dan harus dijalani dengan bijaksana.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com