Khenoki Waruwu Harapkan HPI Mampu Bekerja Sama Kembangkan Pariwisata


95 view
Khenoki Waruwu Harapkan HPI Mampu Bekerja Sama Kembangkan Pariwisata
Foto: Dok/Dinas Kominfo Nisbar
FOTO BERSAMA: Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu berfoto bersama pengurus DPC HPI Kabupaten Nias Barat periode 2022-2027,  di Aula Soguna ba Zato, Selasa (29/11/2022).

Nias Barat (harianSIB.com)

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengharapkan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Nias Barat dapat bekerja sama dan menjadi mitra strategis Pemkab Nias Barat dalam mempromosikan dan memajukan pariwisata.


"HPI Nias Barat diharapkan bisa menjadi mitra Pemkab untuk bersama-sama membangun dan membesarkan pariwisata Kabupaten Nias Barat di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional," kata Khenoki pada pelantikan DPC HPI Kabupaten Nias Barat periode 2022-2027, di Aula Soguna ba Zato, Selasa (29/11/2022).


Dikatakannya, pariwisata Nias Barat masih dalam proses pengembangan dan banyak kekurangan yang harus dibenahi.


Seperti infrastruktur, layanan, akomodasi dan transportasi.


Untuk itu, dengan terbentuknya HPI dapat membantu Pemkab untuk meningkatkan layanan dan kesadaran wisata masyarakat Nias Barat.


"Saya juga berharap pembentukan DPC HPI Kabupaten Nias Barat bisa menjadi wadah bagi para pramuwisata untuk dapat memberi informasi, petunjuk keamanan dan kenyamanan bagi para tamu atau wisatawan yang berkunjung di Nias Barat," ujarnya.


Sementara itu, Ketua DPD HPI Sumatera Utara, Kus Endo, mengatakan, HPI salah satu organisasi tertua yang terdaftar di Kementerian Pariwisata selain Asita dan PHRI.


Keberadaannya adalah sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan pariwisata, baik di pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota.


Sebelumnya, Plt Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, melaporkan, pembentukan dan pelantikan pengurus HPI ini sebagai langkah strategis untuk penguatan kelembagaan dan peningkatkan sumber daya manusia dalam pelayanan pariwisata serta mempromosikan kekayaan tradisi, budaya, serta sumber daya alam Kabupaten Nias Barat kepada wisatawan lokal, wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.


"Pembentukan HPI ini untuk meningkatkan kelembagaan pariwisata daerah sebagai mitra pemerintah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam pemanduan wisata, mempromosikan potensi dan produk unggulan pariwisata Kabupaten Nias Barat dan mendorong kesadaran wisata masyarakat," katanya. (*)


Penulis
: Evy Claudia Shiffer Daeli
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com