Komisi B DPRD Dairi Minta Produsen dan Distributor Tidak Terlambat Distribusikan Pupuk


315 view
SIB/Dok
BERKUNJUNG: Komisi B DPRD Dairi didampingi Wakil Ketua St Benpa Nababan berkunjung kantor perwakilan PT Petro Kimia Gresik wilayah Sumbagut, Rabu (20/7).
Sidikalang (SIB)- Komisi B DPRD Dairi mengunjungi kantor perwakilan PT Petro Kimia Gresik, dan meminta produsen pupuk itu untuk mengawasi distributor di Dairi. Pasalnya, pendistribusian pupuk sering terlambat ke kios pengecer.

Apalagi sekarang akan masuk musim memupuk, sehingga bisa mengakibatkan petani kesulitan. "Dengan terlambatnya pupuk masuk ke kios pengecer, sehingga petani kesulitan mencari pupuk," sebut Rukiatno Nainggolan, Ketua Komisi B itu kepada wartawan, Kamis (28/7) di Sidikalang.

Mengenai keterlambatan pupuk ke kios sudah sering terjadi, PT Petro Kimia Gresik juga diminta untuk tepat waktu mendistribusikan ke distributor, sehingga distributor juga segera mendistribusikan pupuk tersebut ke kios pengecer. Sehingga tidak terjadi kelangkaan pupuk bagi petani. "Memang kuota pupuk dari PT Petro Kimia Gresik itu selalu terpenuhi, hanya perkara tidak tepat waktu," ujar Ruki.

Selain itu, masih banyak persoalan distribusian pupuk di Dairi, salah satunya, biaya bongkar muat selalu dibebankan distributor ke pada pengecer, sehingga pengecer menaikkan harga melampaui harga eceran tertinggi (HET) kepada petani.

Sehingga petani yang mengalami kerugian, atas praktek yang dilakukan distributor itu. Sebab, dalam kontrak, sudah tertera tidak ada lagi biaya tambahan. Dan menurut Kepala perwakilan PT Petro Kimia Gresik, Ubay Billah tidak ada dibebankan biaya tambahan kepada distributor terkait biaya bongkar muat.
Ada distributor di Dairi tidak memiliki gudang pupuk yakni PT Prima Tani, pada hal gudang salah satu syarat mutlak jadi distributor. Bila tidak memiliku gudang sudah menyalahi, sehingga dianggap rentan penyelewengan.

Menurut mereka, kata Ruki, distributor Pupuk Petro Kimia Gresik di Dairi yakni CV Pratama Karya, CV Mutiara Agro Lestari dan PT Prima Tani. Komisi B DPRD Dairi berkunjung ke perwakilan  PT Petro Kimia Gresik di wilayah Sumbagut didampingi wakil ketua DPRD St Benpa Hisar Nababan.(B07/c)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com