Komisi I DPRD Pematangsiantar Tuntut Manajemen Berdayakan Alkes Canggih di RSUD Djasamen Saragih


344 view
Komisi I DPRD Pematangsiantar Tuntut Manajemen Berdayakan Alkes Canggih di RSUD Djasamen Saragih
(foto/indigonews.id)
Ilustrasi foto Gedung RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar. 

Pematangsiantar (SIB)

Komisi I DPRD Pematangsiantar (bidang kesehatan dan pemerintahan) mengkritik RSUD Djasamen Saragih. Manajemen dituntut, memberdayakan alat kesehatan canggih untuk pelayanan publik.

RSUD Djasamen Saragih yang kini berstatus tipe B juga dipertanyakan alasannya tidak menerima pasien rujukan. Lantas kenapa RSU Pirngadi dan RSU Semarang sama-sama tipe B, tapi dapat menerima pasien rujukan?

Dalam kaitan inilah manajemen BLUD RSUD Djasamen Saragih, menjalin koordinasi secara eksternal dan internal, agar memberi warna pelayanan menggembirakan,” kata Andika Prayogi Sinaga SE, Ketua Komisi I DPRD dan Ilhamsyah Sinaga (anggota) kepada SIB secara terpisah, Selasa (16/2).

Andika Prayogi dan Ilhamsyah mengatakan, RSUD Djasamen Saragih yang tidak menerima pasien rujukan, berdampak bagi PAD (pendapatan asli daerah) yang berkurang. Kalau anggaran tahun 2019, kata Bintar Saragih anggota Komisi I DPRD, PAD mencapai Rp 100 miliar, di anggaran tahun 2020 hanya sekitar Rp 80 miliar lebih,” timpal Bintar Saragih, anggota Komisi I DPRD.

Karena itu, Ilhamsyah Sinaga meminta manajemen agar inspiratif dan memberdayakan alat kesehatan canggih yang dimiliki RSUD Djasamen Saragih, dengan meningkatkan kualitas pengetahuan SDM (sumber daya manusia) yang mengendalikannya.

Menurut mereka, hak yang mendesak diperjuangkan Dirut RSUD Djasamen Saragih, pembaharuan regulasi status tipe B, agar dapat menerima pasien rujukan.” Komisi I DPRD terbuka kerja sama memerjuangkan ke instansi dinas terkait atau kementerian yang menerbitkan regulasi status tipe rumahsakit. Kenapa RSU Pirngadi dan RSU Semarang sama-sama tipe B, dapat menerima pasien rujukan,” kata Ilhamsyah Sinaga. (S02/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com