Komisi I DPRD Tebingtinggi Minta RSKP Perhatian Ketersediaan Obat


206 view
Komisi I DPRD Tebingtinggi Minta RSKP Perhatian Ketersediaan Obat
RDP : Komisi I DPRD Tebingtinggi RDP dengan Kadis Kesehatan, Muhammad Iqbal terkait Zonasi Rujukan ke RSKP, Selasa (2/8). (Foto harianSIB.com / Japet Arki Bangun)

Tebingtinggi (SIB)

Anggota Komisi I DPRD Tebingtinggi, Ogamota Hulu meminta pihak Rumah Sakit Kumpulan Pane (RSKP) memberikan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan ketersediaan obat.

"Saya ingat bahwasanya ketersediaan obat di RSKP dipastikan. Jangan sampai warga membeli obat ke luar," kata Ogamota Hulu Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi I dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait Zonasi rujukan ke RSKP terhadap 4 Puskesmas, Selasa (2/8) di ruang rapat komisi.

RDP tersebut dipimpin Ketua Komisi I, Anda Yasser, anggota Komisi I, Muhammad Hazly Azhari Hasibuan, Ogamota Hulu, Muhammad Erwin Harahap, Waris dan dihadiri Kadis Kesehatan, Muhammad Iqbal didampingi pegawainya.

Lanjut Ogamota, pemanfaatan alat kesehatan (Alkes) seperti scanning juga harus digunakan, jangan dibiarkan terbengkalai.

"Alkes di RSKP harus diaktifkan dan tenaga pendukungnya juga dipersiapkan," ucapnya.

Sebelumnya, Anda Yasser mengatakan, RDP yang digelar untuk meminta penjelasan Dinas Kesehatan terkait penerapan zonasi terhadap 4 puskesmas yang memberikan rujukan langsung ke RSKP.

"Dari 9 Puskesmas, ada 4 yang bisa memberikan rujukan langsung ke RSKP. Ini langkah baik dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tapi kena tidak mewakili 5 Kecamatan guna pemerataan kesehatan," katanya.

Selain itu, Anda Yasser juga berharap, RSKP dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan diberlakukannya zonasi rujukan dari 4 Puskesmas.

Adapun 4 Puskesmas yang bisa memberikan rujukan langsung ke RSKP yakni, Puskesmas Brohol, Pasar Gambir, Pabatu, Teluk Karang.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com