Komisi II DPR RI Serap Aspirasi Warga Masalah Tanah 200 Ha di Mariah Jambi


150 view
Komisi II DPR RI Serap Aspirasi Warga Masalah Tanah 200 Ha di Mariah Jambi
Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang
DATANGI WARGA: Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang (kanan) didampingi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mendatangi kelompok warga di Pamatangraya, Senin (18/10/2021).
Simalungun (harianSIB.com)

Sejumlah warga melakukan aksi damai saat kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang, di Pamatangraya, Kabupaten Simalungun, Senin (18/10/2021).

Para warga minta bantuan Komisi II DPR RI dalam pengembalian tanah rakyat seluas 200 hektare di Desa Mariah Jambi, Kecamatan Jawamaraja Bahjambi, Kabupaten Simalungun, yang diklaim diambil oleh pihak PTPN IV Bah Jambi.

"Kehadiran kami untuk menyampaikan penderitaan kami yang sudah berlangsung 54 tahun. Kami menderita karena tanah masyarakat 147 KK (kepala keluarga) di Desa Mariah Jambi dirampas oleh pihak PTPN IV Bahjambi pada tahun 1967," kata warga, Donar Silalahi.

Menurutnya, sudah ada kesepakatan sebelumnya bahwa pihak PTPN IV akan memberikan pengganti terhadap tanah tersebut. Tapi, sampai kini tidak diganti.

"Kami sekarang ini kembali menduduki tanah yang 200 hektare itu. Harapan kami, Komisi II DPR RI dapat mengembalikan tanah rakyat yang diambil oleh pihak PTPN IV Bahjambi," pungkas Silalahi.

Junimart Girsang didampingi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Wakil Bupati Zonny Waldi dan Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto mendatangi kelompok warga.

Aspirasi warga ditampung dan akan ditindaklanjuti serta turun langsung meninjau ke lapangan.

"Masalah tanah sudah kita terima dan menjadi dokumen negara pada rapat pendapat umum Komisi II DPR RI. Dan kami sudah menerima berkas," ujar Junimart.

Ia menjelaskan, sudah pernah mengundang Dirut PTPN IV. Pada saat itu disepakati supaya dilakukan pengukuran ulang terhadap tanah tersebut, namun sampai sekarang belum dilakukan.

"Masalah (tanah) Mariahjambi belum selesai. Saya akan menyampaikan permasalahan itu ke menteri," tuturnya. Ditambahkan, bersama Ombudsman akan turun langsung ke Mariahjambi. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com