Sabtu, 22 Juni 2024 WIB
Terkait Protes Pelantikan Kepsek dan Pengawasan

Komisi IV DPRD Deliserdang Pertemukan Disdik dengan Guru Penggerak

Redaksi - Sabtu, 08 April 2023 10:04 WIB
494 view
Komisi IV DPRD Deliserdang Pertemukan Disdik dengan Guru Penggerak
Foto SIB/Jekson Turnip
PERTEMUKAN: Pihak Komisi IV DPRD Deliserdang yang dipimpin Ketua, Antony Napitupulu bersama anggota Sa'adah Lubis dan Iraw
Lubukpakam (SIB)
Komisi IV DPRD Deliserdang mempertemukan pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Deliserdang dengan dua orang guru penggerak yang memprotes pengangkatan kepala sekolah dan pengawas sekolah baru-baru ini.
Komisi IV memutuskan pertemuan tersebut agar persoalan diselesaikan secara kekeluargaan.
"Kepala Disdik Deliserdang bersama jajaran sudah menerangkan bahwa tidak ada pungutan liar dan pelantikan yang dilakukan baru-baru ini sudah sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku. Bahkan mereka sudah kordinasi ke Direktur Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Kemendikbud," kata Ketua Komisi IV DPRD Deliserdang, Antony Napitupulu bersama anggota Sa'adah Lubis dan Irawan saat melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Disdik Deliserdang dan dua guru penggerak di Gedung Dewan, Lubukpakam, Kamis (6/7).
Dijelaskan, soal ada yang protes terkait pelantikan hal itu merupakan hal yang lumrah. Namun yang protes harus diberikan pencerahan atau jawaban yang benar, agar persoalan tidak melebar kemana-mana.
"Intinya persoalan sudah selesai secara kekeluargaan. Pihak guru yang protes supaya dimediasi pihak Disdik Deliserdang. Agar keberlangsungan proses belajar mengajar di Deliserdang tidak terganggu akan hal tersebut," kata Politisi PDI Perjuangan tersebut.
Sementara Sa'adah Lubis menyampaikan pada kesempatan itu bahwa pelantikkan yang sudah dilakukan tidak dapat diganggu gugat. Sebab sudah melalui pertimbangan dan ketentuan yang berlaku.
"Pelantikan sudah sah. Persoalan saat ini guru yang protes supaya difasilitasi dengan baik oleh Disdik Deliserdang. Saya minta masalah ini dan dapat dijamin bisa diselesaikan dan yang sudah terjadi biarlah terjadi, kita sikapi dengan penuh tanggungjawab," terang Politisi PPP tersebut.
RDP dengan Dinas Pendidikan Deliserdang dilakukan terkait dengan isu pungli atas Pengangkatan Kepala Sekolah dan Guru Pengawas yang berjumlah 326 orang.
Menjawab hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Yudi Hilmawan SE MM menjelaskan kepada Komisi IV isu miring terkait pungli Kepala Dinas Pendidikan Deliserdang memastikan tidak benar adanya.
"Dinas Pendidikan ataupun saya tidak pernah meminta sesuatu atau menerima dalam bentuk apapun, dan kami melakukan proses pengangkatan melalui tahapan asesmen dan hasil asesmen menjadi pertimbangan. Dalam pengangkatan Kepsek dan Pengawas Sekolah ini juga kami akomodir guru penggerak sesuai Permendikbud nomor 40 tahun 2021," ucap Yudi pada kesempatan itu.
Usai RDP pihak Disdik dan guru penggerak yang protes langsung bersalaman. Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Deliserdang, Jumakir pada kesempatan itu juga langsung mengundang dua guru yang protes supaya langsung datang ke ruangannya.
"Mereka (yang protes) bersedia membuat komitmen tertulis akan mendukung kebijakan Disdik Deliserdang bila keinginannya diakomodir sesuai dengan mekanisme dan ketentuan. Untuk ibu Riossa Silitonga bermohon supaya diangkat jadi kepala sekolah. Dan Ibu Lasmarita sesuai permohonan terakhirnya supaya diangkat menjadi pengawas. Seperti itu hasil mediasi kami," tandas Jumakir.(C2/c)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pansus PAD DPRD Deliserdang akan Nongkrong di Restoran yang Diduga Tidak Taat Pajak
KPU Tetapkan 50 Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Deliserdang
Anggota DPRD Deliserdang H Ismayadi Tutup Usia
DPRD Deliserdang Minta Kasus Tewasnya Michail Sitanggang Diusut Tuntas
DPRD Deliserdang Prihatin Peristiwa Dialami Michail Sitanggang, Minta Aparat Usut Tuntas
DPRD Deliserdang Minta Ketegasan Aparat Hukum dan PTPN II Soal Lahan di Percut Seituan
komentar
beritaTerbaru