Komitmen Pemko Kembalikan Fungsi Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya Disambut Baik


134 view
Komitmen Pemko Kembalikan Fungsi Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya Disambut Baik
Foto Istimewa
Dedy Aksyari Nasution
Medan (SIB)
Komitmen Wali Kota Bobby Nasution menata Kota Medan menjadi lebih baik, dengan salah satunya menata Kawasan Kota Lama Kesawan termasuk mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka sebagai lokasi cagar budaya dan menjadikannya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), mendapat sambutan baik dari Anggota DPRD Medan, Dedy Aksyari Nasution.

“Komitmen Wali Kota yang disampaikan Wakil Wali Kota H Aulia Rachman kemarin saat melakukan pertemuan dengan Direktur PT Orange Indonesia Mandiri (OIM) Yogi selaku pengelola Merdeka Walk Kota Medan terkait dengan rencana renegosiasi kawasan Merdeka Walk, harus diapresiasi,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (11/9).

Apalagi didukung dengan adanya putusan PN Medan yang memenangkan gugatan Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) yang menetapkan kawasan Lapangan Merdeka Medan sebagai cagar budaya.

Disebutkannya, Wakil Wali Kota Medan berdiskusi dengan Direktur PT OIM terkait dengan pemindahan tenant-tenant yang berada di Merdeka Walk. Rencananya tenant-tenant yang saat ini menyewa di Merdeka Walk akan dipindahkan ke kawasan Kota Lama Kesawan.

Sebelumnya, Anggota DPRD Medan yang tergabung di Pansus Revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2021-2031 sepakat agar Lapangan Merdeka Medan masuk sebagai cagar budaya. Bukti ditetapkan cagar budaya maka harus tertuang dalam salah satu Pasal Perda yang akan disahkan.

Kesepakatan itu diambil dalam rapat pembahasan tim Pansus revisi Perda No 13 Tahun 2011 tentang RTRW bersama Koalisi Masyarakat Sipil Medan – Sumut (KMS) Peduli Lapangan Merdeka dan beberapa perwakilan OPD Pemko Medan di ruang Banggar gedung DPRD Medan, Senin (6/9/2021). (A12/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com