Kontraksi Ekonomi Akibat Pandemi Dikejar dengan Pembenahan Infrastruktur


172 view
Kontraksi Ekonomi Akibat Pandemi  Dikejar dengan Pembenahan Infrastruktur
Foto: Ist/harianSIB.com
Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, Martin Manurung.

Sibolga (SIB)

Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI Martin Manurung optimistis kontraksi ekonomi akibat pandemi di Tanah Air dapat ditutupi atau dikejar pertumbuhannya dengan pembenahan infrastruktur. Mulai dari darat, laut dan udara.


“Untuk jalur udara, adanya penerbangan langsung ke Tapanuli Tengah Sibolga dari Kualanamu Deliserdang, diharapkan ikut mendongkrak,” ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu seusai ikut rute penerbangan dari Bandara Kualanamu ke Tapteng, Selasa (24/5).


Pendaratan perdana pesawat jenis ATR72-600 itu disambut dengan water salute. Di penerbangan itu, Martin Manurung didampingi Direktur Niaga dan Kargo PT Citilink Indonesia Ichwan Agus.


Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 membuat kontraksi di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Tapteng - Sibolga, misalnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kontraksi (-) 1,36 persen pada tahun 2020 dan berlanjut ke tahun berikutnya.


Kontraksi tersumbang dari sektor perdagangan -0,9 persen, perikanan -0,3 persen, konstruksi -6,4 persen, transportasi dan pergudangan -5,58 persen dan administrasi pemerintahan -0,24.


Martin Manurung optimistis, dengan adanya penerbangan langsung tersebut otomatis dapat menambal dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.


Ia menjelaskan penerbangan langsung tersebut merupakan jawaban dari aspirasi masyarakat yang ia terima langsung dalam reses pada Januari 2022, termasuk juga disampaikan oleh para kepala daerah.


Ketua DPP Partai NasDem itu berharap penerbangan langsung mempercepat terhubungnya daerah-daerah di Sumatera Utara yang otomatis berdampak pada mobilisasi barang dan modal sebagai dasar pertumbuhan ekonomi.


“Harapan kita tidak hanya dari atau menuju kota Medan namun ke depan juga ada penerbangan dari dan menuju luar negeri.


Sehingga produk maupun hasil pertanian yang ada di daerah yang katakanlah cukup jauh terjangkau ke pusat kota, dapat tersalurkan. Sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat,” pungkasnya.


Hal senada disampaikan Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan di Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing di Pinangsori, Tapanuli Tengah. "Terima kasih Bapak Martin Manurung atas kerja kerasnya, sehingga maskapai penerbangan dari Sibolga dan Tapanuli Tengah ini bertambah. Sebelumnya hanya satu maskapai dan itupun milik swasta, sekarang ini bertambah," ucapnya.


Ia berharap dengan adanya penambahan penerbangan ini akan meningkatkan berbagai sektor ekonomi masyarakat Tapanuli Tengah.


"Mewakili masyarakat Sibolga, kami berterima kasih dan merasa bangga atas adanya penerbangan Citilink menuju Medan.


Semoga dengan penambahan ini, harga tiket pesawat dapat lebih terjangkau oleh masyarakat," tambah Jamaluddin Pohan. (R10/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com