Kematian Korban Lakalantas Diduga Tak Wajar

LBH CL&PK Datangi Polsek Pancurbatu Desak Usut Tuntas

* Kapolsek akan Mengecek

148 view
LBH CL&PK Datangi Polsek Pancurbatu Desak Usut Tuntas
Foto Istimewa
Kanit Lantas Polsek Pancur Batu, Iptu Rizal bersama pihak keluarga didampingi DPD LBH CL&PK Provinsi Sumut saat turun lapangan atas laka lantos di klometer 37 Bandar Baru.
Medan (SIB)
Adanya temuan kejanggalan dan ketidakwajaran oleh pihak keluarga atas kematian Benny Rumahole Manalu (37) yang disebut-sebut sebagai korban lakalantas akhirnya membuat keluarga korban mendatangi Polsek Pancurbatu, Kamis (30/9).

Kedatangan pihak keluarga didampingi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Bantuan Hukum Cinta Lingkungan & Pencari Keadilan (CL&PK) Provinsi Sumut dan Advokat dan Paralegal. Tim langsung diketuai Jauli Manalu SH beserta Advokat Jepri Sitorus SH, Benny Saragih SH MH dan staff tampak turut hadir mewakili keluarga korban Eva Rumahole Manalu SPd.

Kepada wartawan, Jauli Manalu beserta Tim Kuasa Hukum menjelaskan maksud kedatangannya ke Polsek Pancurbatu untuk mendesak dilakukannya pengusutan tuntas terhadap kejadian yang sebenarnya terhadap peristiwa tersebut, mengingat banyak ditemukan kejanggalan dan ketidakwajaran.

"Anehnya, sampai sekarang sopir truk tangki air minum yang lalai dan mengakibatkan korban meninggal dunia itu juga tidak dilakukan penahanan oleh Polsek Pancurbatu," terangnya.

Di sisi lain, pada keterangan yang tercatat pada LP/1007/IX/LL/2021/Restabes Medan disebutkan bahwa yang mengemudikan Sepeda Motor Honda Revo BK 5232 XY yakni korban sendiri, sementara berdasarkan keterangan para saksi yang telah didapatkan pengakuannya oleh pihak keluarga, ternyata yang mengemudikan Honda Revo pada saat kejadian peristiwa adalah Leonardus Tamba yang tak lain merupakan teman korban yang selamat dan hanya mengalami luka gores pada lengan.

Tragisnya, teman korban yang selamat tersebut begitu mengetahui korban meninggal di tempat, malah langsung tancap gas dan meninggalkan korban begitu saja, bahkan kepada pihak keluarga korban pun tidak memberitahukan kalau mereka mengalami kecelakaan saat berkendara berboncengan dalam satu sepeda motor.

Sebagaimana diketahui, peristiwa lakalantas yang terjadi di Jalan Djamin Ginting KM 36-37 Desa Sibolangit Kabupaten Deliserdang Pancurbatu itu terjadi Minggu 12 September 2021 sekira pukul 08.15 WIB yang mengakibatkan Benny Rumahole Manalu warga Jalan Pintu Air VI No 425 Lingkungan XX Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor meninggal dunia.

Sesuai dengan No.LP/1007/IX/LL/2021/Restabes Medan tabrakan tersebut terjadi antara sepedamotor Honda Revo BK 5232 XY kontra mobil tangki pengangkut air dengan BK 8711 EM.

Dalam peristiwa itu korban Benny Rumahole Manalu berboncengan dengan Leonardus Tamba (36) melaju dari arah Berastagi menuju Kota Medan.

Setibanya di lokasi kejadian, di mana saat itu arus lalu lintas masih sepi, dari depan korban melaju mobil Tangki BK 8711 EM yang dikemudikan Junaidi (40) warga Jalan Sunggal No 209 D, Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal sedang berusaha mendahului kendaraan di depannya.

Dikarenakan dari arah berlawanan keadaan terlihat kosong lalu korban mendahului mobil tangki. Namun naas bagian samping sayap roda belakang motor korban bersentuhan dengan sayap roda belakang mobil tangki yang menyebabkan korban kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke bawah kolong mobil tangki dan terlindas oleh roda belakang, sehingga Benny Rumahole Manalu meninggal di tempat. Sedangkan teman korban yang mengaku sebagai penumpang sepeda motor dikarenakan ketakutan langsung mendirikan sepedamotor dan meninggalkan korban sendiri begitu saja lalu tancap gas menuju Kota Medan.

Mengecek
Sementara Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Darma SH MHum yang dikonfirmasi melalui telepon terkait masalah itu mengatakan akan mencek terlebih dahulu. "Tunggu kita cek dulu ya kepada Kanit Lakalantas," ujarnya singkat. (A13/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com