LSM Pakar Tebingtinggi Sarankan Pemilihan Kepling Diunjuk Camat


346 view
LSM Pakar Tebingtinggi Sarankan Pemilihan Kepling Diunjuk Camat
Foto: Net/harianSIB.com
Ilustrasi Perangkat Desa

Tebingtinggi (SIB)

Terkait adanya sejumlah perselisihan atau perpecahan di masyarakat bawah akibat proses pemilihan kepala lingkungan (Kepling), Ketua LSM Pembela Kemerdekaan Rakyat (Pakar) Tebingtinggi Ruben Sembiring menyarankan Kepling dihunjuk secara langsung oleh camat.


"Sebaiknya kepling diunjuk camat dan direkomendasikan ke lurah. Jadi tidak perlu lagi dilakukan pemilihan karena Kepling bukan wakil rakyat tetapi perpanjangan tangan pemerintah untuk melayani warga," kata Ruben Sembiring kepada SIB, Minggu (25/9).


Dijelaskannya, proses pemilihan Kepling yang sedang berlangsung sudah menimbulkan perpecahan antar warga karena menganggap hasil keputusan panitia musyawarah (Panmus) tidak netral.


"Hindari perpecahan, sebaiknya proses pemilihan Kepling dibatalkan. Pola pemilihan langsung diserahkan ke camat," ujarnya.


Terkait ada beberapa Kepling yang habis masa periodenya September - Oktober, Ruben Sembiring mengatakan untuk dilakukan perpanjangan selama 6 bulan ke depan menunggu selesai pembahasan yang dilakukan DPRD dengan Pemko.


"DPRD juga sedang membahas permasalahan Kepling. SK perpanjangan terhadap masa jabatan Kepling harus dipersiapkan sehingga tidak tertunda urusan warga," ungkapnya.


Ruben Sembiring juga berharap, Perwa Nomor 16 tahun 2019 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan segera direvisi karena dianggap sudah tidak sesuai dengan kebutuhan. (BR3/d)






Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com