Labuhanbatu Zona Kuning, Pj Bupati: Kita Wajib Terapkan Prokes saat Idul Adha


134 view
Labuhanbatu Zona Kuning, Pj Bupati: Kita Wajib Terapkan Prokes saat Idul Adha
(Foto: Dok/Diskominfo)
RAPAT IDUL ADHA : Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang bersama Kakan Kemenag H Safiruddin Harahap didampingi Sekda M Yusuf Siagian, memimpin rapat koordinasi persiapan perayaan hari raya Idul Adha tahun 1442 H/2021 M, Rabu (7/7), di Kantor Bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. 
Rantauprapat (SIB)
Penjabat Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang menyatakan kondisi Kabupaten Labuhanbatu saat ini dalam status zona kuning. Daerah zona kuning dapat melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H di Masjid/Mushalla, tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Begitu juga pada penyembelihan hewan qurban.

"Karena kita Labuhanbatu masih dalam kondisi status zona kuning, maka kita boleh melaksanakan shalat hari raya Idul Adha, namun tidak dilaksanakan di lapangan terbuka maupun tertutup, tapi di masjid/mushalla dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," sebut Pj Bupati Mulyadi dalam rapat koordinasi bersama Kakan Kemenag Labuhanbatu Safiruddin Harahap dan camat terkait pelaksanaan hari raya Idul Adha, Rabu (7/7), di Kantor Bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat.

Menurutnya, sesuai surat edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban tahun 1442 H/2021 M, pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/mushalla pada daerah zona merah dan oranye yang ditiadakan.

Mulyadi menjelaskan, karena Kabupaten Labuhanbatu dalam status zona kuning, maka masih dapat melaksanakan shalat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H di Masjid/Mushalla, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menyuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pj Bupati juga mengimbau seluruh camat dari 9 kecamatan agar menerapkan peraturan yang sama dengan kabupaten. "Jangan ada perbedaan peraturan antara kabupaten dengan di kecamatan," tegasnya.

Kemudian, ia juga menyampaikan pada perayaan Idul Adha tahun ini dilarang melakukan takbiran keliling, tetapi cukup di masjid atau mushalla. Begitu juga dengan penyembelihan hewan qurban harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan menyeterilkan lokasi sebelum penyembelihan.

"Hal itu dilakukan dalam upaya untuk pencegahan, pengendalian dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu," jelasnya dalam rapat yang dihadiri Sekdakab M Yusuf Siagian, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimpunan Ritonga, Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Akmaluddin Harahap, para kepala OPD dan para camat. (E5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com