Lama Tidak Diangkut, Warga Labusel Keluhkan Sampah Menumpuk


75 view
Lama Tidak Diangkut, Warga Labusel Keluhkan Sampah Menumpuk
banjarmasin post group/ jumadi
Ilustrasi: Tumpukan sampah yang belum diangkat.
Kotapinang (SIB)
Sejumlah warga mengeluhkan lambannya petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengangkut sampah dari rumah-rumah masyarakat, sehingga menyebabkan sampah menumpuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Rivai (36) warga Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang kepada wartawan, Selasa (14/9) mengatakan, sudah hampir seminggu ini sampah di lingkungannya tidak diangkut. Akibatnya, sampah tersebut menumpuk dan meluber dari tong sampah.

“Sampah berserakan karena kepenuhan di dalam tong sampah akibat nggak diangkat. Saat ini rata-rata minimal empat hari sekali baru petugas datang mengangkat sampah,” katanya.

Hal senada diungkapkan Rusli (59) warga Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Kotapinang. Menurutnya, lambatnya sampah diangkat membuat rumah warga tampak kumuh.

“Maunya paling lama dua hari sudah diangkutlah. Kalau begini kan kesannya jorok. Sampah yang sudah ditumpuk di tong sampah malah berserakan kembali karena penuh. Bahkan kami terpaksa menyediakan goni, karena tong sampah sidah tidak muat lagi,” katanya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Kapasitas Lingkungan Hidup pada DLH Pemkab Labusel, dr Bakti yang dikonfirmasi mengatakan, kondisi tersebut disebabkan terbatasnya armada yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Labusel dan tidak seusai dengan cakupan wilayah yang harus dilayani. Akibatnya kata dia, petugas baru dapat melakukan pengangkutan dua, tiga bahkan hingga empat hari sekali.

Dijelaskan, saat ini armada yang dimiliki DLH hanya tujuh unit, yakni enam truk besar dan satu truk mini. Menurutnya, truk-truk tersebut tersebar di lima kecamatan.

“Meski demikian kami selalu berupaya melakukan pengangkutan sebaik mungkin. Sudah berulang kali diajukan penambahan armada, tapi selalu dicoret,” katanya. (SS18/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com