Lampu Jalan Tidak Berfungsi, Dinas Perhubungan Labura Dikritik


209 view
Lampu Jalan Tidak Berfungsi, Dinas Perhubungan Labura Dikritik
Internet
Ilustrasi
Aekkanopan (SIB)
Koordinator Wilayah Sumut LSM OMCI (Obor Monitoring Citra Independen) Syamsudin Sianturi, menyesalkan dinas terkait yang sampai saat ini tidak kunjung memerbaiki lampu penerangan jalan di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Kualuhhulu dan jalanan di Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) yang banyak dikeluhkan warga. Pasalnya, hampir satu pekan lampu tersebut dibiarkan mati saat malam hari.

“Perawatan LPJU ( Lampu Penerangan Jalan Umum ) setiap tahun dianggarkan hingga ratusan juta rupiah di dinas terkait. Namun, sangat disayangkan kemana anggaran perawatan lampu jalan itu digunakan, karena banyak yang tidak menyala, kata Sianturi kepada SIB, Selasa (21/9).

Menurutnya dinas perhubungan seharusnya paham bahwa LPJU sudah menjadi kebutuhan masyarakat, selain untuk penerangan fungsinya juga untuk keamanan.

Selain itu, dinas perhubungan harus melihat skala prioritas pemasangan lampu jalan. Banyak daerah gelap tetapi tidak dipasang lampu dan daerah yang terang malah berlebihan dipasang. Akibatnya, sebagian masyarakat tidak dapat menikmati penerangan lampu jalan pada malam hari.

“Hal ini, cukup merugikan masyarakat, padahal setiap kali melakukan pengisian listrik (token) maupun membayar listrik per bulan masyarakat dikenakan pajak penerangan jalan (PPJ) sebesar 10 persen.

Kita memertanyakan bagaimana dinas terkait menentukan titik- titik yang akan dipasang lampu jalan, karena ada yang gelap dan ada yang berlebihan terang," kata Syamsudin Sianturi.

Kepala Dinas Perhubungan Labura, Suherman Siagian melalui Kabid Sarana Prasana dan PJU Dedi Ardiansa saat dihubungi untuk konfirmasi via WhatsApp namun sampai berita ini dikirim ke meja redaksi tidak memberi tanggapan. (E8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com