Lantik Kades Terpilih, Ini Pesan Penting Bupati Sergai


225 view
Lantik Kades Terpilih, Ini Pesan Penting Bupati Sergai
(Foto: Dok/Diskominfo Sergai)
LANTIK: Bupati Sergai, H Darma Wijaya melatik 99 kades hasil Pilkades serentak dan 3 pejabat kades, Jumat (29/4/2022).

Sergai (harianSIB.com)

Bupati Serdangbedagai (Sergai), H Darma Wijaya melantik 99 kepala desa (kades) hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak dan 3 pejabat kades, di Gedung Baru Kantor Bupati Sergai, di Seirampah, Jumat (29/4/2022).


Darma Wijaya berharap kades yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mempercepat pembangunan di wilayah Sergai. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kades yang telah menyelesaikan amanah yang diberikan masyarakat


Bupati yang akrab disapa Bang Wiwiek ini mengatakan, pemilihan kades yang telah dilaksanakan di Sergai, merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan proses demokrasi di tingkat desa secara efektif dan efisien.


Sebagai proses demokrasi politik di tingkat desa, pemilihan kades harus dimaknai sebagai proses awal dalam rangka mewujudkan cita-cita pembangunan di desa yaitu terwujudnya masyarakat desa yang mandiri, maju dan sejahtera.


"Setiap kades nantinya harus mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen atas janji yang dituangkan dalam visi dan misi mendukung program Pemkab Sergai untuk mewujudkan Sergai yang Maju Terus," ujarnya.


Bang Wiwiek juga menyampaikan 6 poin penting yang harus dipenuhi oleh seluruh kades yang dilantik yaitu, bersungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab sesuai dengan tupoksi, menempatkan Badan Pemerintahan Desa (BPD) sebagai mitra, menciptakan kondusivitas lingkungan masyarakat di desa yang dipimpin, dengan merangkul seluruh elemen masyarakat.


Kemudian, seorang kades mempunyai tugas yang besar bukan hanya terfokus pada program yang ditawarkan serta nominal anggaran yang diusulkan ke Pemkab, tetapi idealnya seorang kades harus mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong royong.


Selanjutnya, mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di desa masing-masing, karena gangguan kamtibmas sangat rentan terjadi dan menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum.


"Terakhir, beberapa waktu yang lalu, masing-masing desa telah membentuk dua orang petugas kebersihan. Saya minta kepada seluruh kades agar tetap mengaktifkan petugas kebersihan yang ada di wilayah saudara. Hal ini bertujuan agar kebersihan lingkungan dan drainase (parit) di desa, bisa terjaga dan terhindar dari masalah banjir serta penyebaran penyakit seperti demam berdarah,” tandasnya.


Turut hadir, Wakil Bupati (Wabup) H Adlin Umar Yusri Tambunan, Sekdakab HM Faisal Hasrimy, Kapolres AKBP Ali Machfud, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, para Anggota DPRD Sergai, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD dan camat. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com