Lapas Gunungsitoli "Bersihkan" HP dan Lengkapi Alarm


200 view
Lapas Gunungsitoli "Bersihkan" HP dan Lengkapi Alarm
Foto: SIB/Riswan H Gultom
PENGHARGAAN: Kalapas Soetopo Barutu menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah anggotanya atas dedikasi menjalankan tugas, Senin (20/9)
Gunungsitoli (SIB)
Terkait sejumlah peristiwa yang menyedot perhatian publik, yakni, kebakaran Lapas Tangerang, tenggelamnya kapal Pengayoman IV dan pemukulan warga binaan pemasyarakatan di Lapas Medan, Kemenkumham menyampaikan sejumlah upaya pembenahan di Lapas. Kalapas Kelas II B Gunungsitoli, Soetopo Barutu menyampaikan arahan Menkumham itu dalam upacara Kesadaran Berbangsa, Senin (20/9).

Lapas Gunungsitoli pun dikatakan Soetopo langsung menyambut perintah itu dengan melakukan berbagai langkah antara lain, pencegahan dan mengecek jaringan listrik, melaksanakan perbaikan Lapas atau Rutan, melakukan mitigasi resiko atas semua kemungkinan ancaman gangguan keamanan dan ketertiban.

Kemudian, menjalin koordinasi dengan aparat penegak hukum dan stakeholder, meningkatkan deteksi dini untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban serta pembersihan handphone (HP) dari kamar warga binaan.

"Kami juga mengeluarkan alat-alat elektronik, kompor gas portabel dari kamar hunian serta mengecek bengkel kerja, dapur umum, ruang kerja yang menggunakan listrik pada saat jam kerja maupun usai kegiatan kerja. Semua dipastikan padam," jelas Soetopo.

Tidak hanya itu, ia memastikan Lapas dari risiko risiko bahaya. Pihak Lapas juga aktif berkoordinasi, melakukan simulasi bencana kebakaran, kerusuhan secara periodik dengan mitra.

Sementara itu, pada tiap satuan kerja dilakukan pemasangan alat panic button/alarm di setiap satuan kerja. "Sebagai kepala Lapas, saya mengapresiasi seluruh warga binaan atas komitmen tidak menggunakan narkoba," tambahnya.

Pada upacara itu, Soetopo Barutu menyerahkan piagam Satya Lencana Karya Satya kepada petugas perawat antara lain, Rita Harefa, Rotua Masdiana Bancin dan Trimariang Harefa.

Selanjutnya, Kalapas memberikan penghargaan pelatihan kesamaptaan kepada 32 ASN yang diwakili Imelda Lawolo, Feriaman Harefa dan Vitalis DL Zebua. (A19/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com