Lapas Siborongborong Gelar Simulasi Pencegahan dan Tanggap Darurat Kebakaran


191 view
Lapas Siborongborong Gelar Simulasi Pencegahan dan Tanggap Darurat Kebakaran
(Foto SIB : Dok Humas Lapas Siborongborong)
Petugas Lapas Kelas II B Siborongborong bersama petugas Damkar Taput saat melaksanakan simulasi pencegahan dan penanganan kebakaran yang dilaksanakan di Lapangan Lapas Siborongborong).
Tapanuli Utara (harianSIB.com)
Petugas Lapas Kelas II B Siborongborong bersama petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tapanuli Utara menggelar simulasi penanganan untuk mencegah musibah kebakaran di Lapas Siborongborong, Kamis (23/9).

Simulasi tersebut dilaksanakan di lapangan utama Lapas Siborongborong. Dalam kegiatan simulasi itu, turut hadir Kabid Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat Satuan Pol PP Taput, Irwan A.R Matondang.

Kegiatan pelatihan penanganan kebakaran dibagi dalam dua sesi. Yang pertama, para petugas Lapas mendapatkan materi tentang dasar-dasar hukum proteksi kebakaran dan tips penanganan kebakaran secara manual. Kemudian dilanjutkan simulasi penanganan kebakaran skala kecil dan skala besar dengan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar) yang dilaksanakan di luar ruangan.

Selanjutnya sesi kedu, para pegawai Lapas diajarkan teknik pemadaman api secara manual menggunakan karung basah dan juga alat pemadam api ringan (Apar) di luar ruangan.

Kalapas Siborongborong, M. Pithra Jaya Saragih kepada jurnalis Koran SIB Bongsu Batara Sitompul, Jumat (24/9/2021) menjelaskan, dengan teknik sederhana, ternyata kebakaran dapat dikendalikan. Kegiatan pelatihan simulasi ini merupakan salah satu kegiatan Lapas Siborongborong dalam rangka mencegah gangguan keamanan akibat kebakaran baik di lingkungan kantor maupun di tempat tinggal pegawai.

"Gangguan keamananan kebakaran, tidak hanya untuk kepentingan kantor namun juga untuk antisipasi di rumah. Dari kegiatan pelatihan tersebut, berharap Lapas Siborongborong terhindar dari gangguan keamanan akibat kebakaran. Dengan berbekal teknik penanganan yang sudah didapat dari petugas Damkar, para petugas Lapas diharapkan bisa mengatasi masalah kebakaran, " terangnya. (*)


Editor
: Wilfred/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com