Lasro Marbun Surati Bupati Minta Penjelasan Mutasi Kepala Inspektorat Nisut


3.054 view
Lasro Marbun Surati Bupati Minta Penjelasan Mutasi Kepala Inspektorat Nisut
Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu
Nias Utara (harianSIB.com)

Kepala Inspektorat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut Lasro Marbun menyurati Bupati Nias Utara (Nisut) Amizaro Waruwu untuk memberikan penjelasan pemutasian Kepala Inspektorat Nias Tolanaso Gea dan sejumlah Inspektur pembantu lainnya.

Dalam suratnya bernomor :Provsu/29/R/2022 tanggal 4 Januari 2022 perihal tindaklanjut pengaduan masyarakat, menyampaikan Inspektorat provinsi berwenang melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten/kota sebagaimana dipertegas dalam PP Nomor 72 tentang Perubahan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Dalam hal terdapat potensi penyalahgunaan wewenang atau kerugian keuangan negara, kata Lasro, Inspektorat provinsi juga dapat menjalankan fungsi tanpa menunggu penugasan dari Gubernur atau Menteri sebagaimana bunyi pasal 11 ayat (5) huruf c.

Begitu juga pemutasian jabatan, dikatakan, sebelum melakukan pemberhentian atau mutasi jabatan kepala Inspektur dan Inspektur pembantu tingkat kabupaten sebagaimana dipertegas dalam pasal 99 B, bupati/wali kota mestinya terlebih dahulu berkonsultasi kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Sehingga untuk menyikapi masalah di atas, Bupati Nisut diminta untuk memberi penjelasan kepada Inspektorat Pemprov Sumut terkait mutasi jabatan yang dilakukan kepada Kepala Inspektorat Nisut, Tolanso Gea dan Inspektur pembantu lainnya tanggal 2 Desember 2021 guna diproses sesuai ketentuan berlaku.

Sementara itu, Bupati Nisut Amizaro Waruwu yang dikonfirmasi jurnalis Koran SIB Fabooni Zaita, Rabu (19/1/2022), justru berkilah dengan mengatakan mutasi jabatan Kepala Inspektorat Nisut, Tolanaso Gea dilakukan karena yang bersangkutan sudah menjabat lebih dari lima tahun.

Amizaro juga mengatakan, sebelum di mutasi, dirinya sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negar (KASN) dan Kepala Inspektorat Pemprov Sumut. (*)
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com