Latsitarda Nusantara Jadi Sarana Membangun Sinergi Antara TNI, Polri dan Masyarakat


154 view
(Foto: Dok/Serka Rope Sinaga)
SALAM: Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Roly Souhoka (kanan) melakukan salam Covid-19 dengan Danjen Akademi TNI, Marsekal Madya Tamsil Malik (kiri) disela-sela pelaksanaan Latsitarda di Kabupaten Simalungun belum lama ini.
Simalungun (SIB)
Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLI (ke-41) tahun 2021 menjadi momentum dalam membangun sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat, serta menjadi sarana menumbuhkan jiwa kejuangan, cinta tanah air dan semangat integrasi para taruna maupun mahasiswa.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka mengatakan, Latsitarda tahun 2021 memiliki makna yang sangat penting di tengah penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi berskala nasional.

Sehingga, Latsitarda diharapkan bisa membantu mengurangi kesulitan masyarakat, termasuk dari dampak pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga kini.

"Saat ini, sangat dibutuhkan semangat sinergi dan kerjasama menuju Indonesia bangkit, dan melaksanakan pembangunan nasional," kata Letkol Roly kepada SIB melalui anggotanya, Rabu (14/4).

Letkol Roly menyebut, tantangan yang akan dihadapi para taruna dan taruni beserta mahasiswa nantinya akan terus berubah, ditambah dengan kompleksitas tantangan yang terus meningkat. Karena itu, dibutuhkan perwira TNI-Polri dan generasi penerus bangsa yang tangguh, yang mampu beradaptasi serta memanfaatkan kemajuan yang ada.

"Latsitarda harus benar-benar dimanfaatkan untuk menimba pengalaman, menjalin komunikasi personel dan membangun kerjasama dengan sebaik-baiknya," ujar Letkol Roly dengan tegas.

Letkol Roly juga menjelaskan bahwa, Latsitarda merupakan pendidikan tahap akhir, sebelum para taruna dan taruni dinyatakan lulus dan dilantik menjadi perwira.

Dandim 0207/Simalungun tersebut pun berharap, para taruna dan taruni melaksanakan tugas dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, serta memahami dan menghayati semangat persatuan serta kesatuan yang tercermin dalam sinergi dan kerjasama antar komponen bangsa.

"Patuhi dan taati semua ketentuan yang berlaku, termasuk protokol kesehatan dalam melaksanakan semua kegiatan," ujar Letkol Roly.

Diketahui, sebanyak 194 taruna dan taruni sedang menjalankan program Latsitarda Nusantara XLI di Kabupaten Simalungun. Para taruna dan taruni turut membantu masyarakat dalam pembangunan jalan, bedah rumah dan bakti sosial.

Para taruna dan taruni juga tetap mengedukasi masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Menggali ilmu tentang UMKM dari masyarakat, mempromosikan pariwisata Danau Toba dan mensosialiasikan tentang Akademi TNI dan Akademi Kepolisian kepada para pelajar di Simalungun. (D8/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com