Lestarikan Lagu Daerah, Rumah Musik Gelar Resital Musik dan Lagu Daerah di Tanjungbalai


271 view
Lestarikan Lagu Daerah, Rumah Musik Gelar Resital Musik dan Lagu Daerah di Tanjungbalai
Foto: harianSIB.com/Regen Silaban
FOTO BERSAMA: Pelaku seni dari Rumah Musik Tanjungbalai berfoto bersama usai menggelar Resital Musik dan Lagu Daerah bersama Komunitas SePeDa Toba di Aula GOW Tanjungbalai, Sabtu (18/9).
Tanjungbalai (SIB)
Dalam melestarikan lagu-lagu daerah di Sumatera Utara, Rumah Musik Tanjungbalai bersama komunitas Seniman Peduli Danau Toba (SePeDa Toba) menggelar Resital Musik dan Lagu Daerah yang diselenggarakan di Aula GOW Tanjungbalai, Sabtu (18/9).

Pertunjukan musik dan lagu yang ditampilkan dalam acara tersebut yakni, menampung berbagai lagu-lagu daerah di Sumatera Utara diantaranya, lagu daerah dari Tanjungbalai dan Asahan, Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo serta lagu dari daerah Padang Sidempuan.

Personil yang ambil bagian dalam kegiatan Resital Musik dan Lagu Daerah tersebut adalah, para pelaku seni yang ada di Tanjungbalai dengan fasilitas alat musik tradisional seperti, seruling dan taganing, serta alat musik modern seperti keyboard dan sexophone. Pelaku seni secara bergantian menyanyikan lagu-lagu daerah yang ada di Sumatera Utara, dengan diiringi musik serta pakaian adat sesuai dengan daerah asal lagu tersebut.

Direktur Rumah Musik Tanjungbalai, Christian Mangapul Hutapea S.Sn, didampingi Ketua Komunitas SePeDa Toba Jimmy Hutapea, dalam kesempatan itu mengatakan, resital musik itu terselenggara atas fasilitas dari Taman Budaya Sumut, kepada sanggar musik dan komunitas produktif yang selama ini aktif melatih dan mengembangkan seni budaya.

"Tujuan diselenggarakannya pertunjukan ini adalah agar musik dan lagu-lagu daerah yang ada di Provinsi Sumatera tetap terlestarikan dan tidak tergerus oleh zaman, "kata Christian seperti dilansir dari harianSIB.com.

Selain itu kata Mangapul, program resital musik ini juga bertujuan untuk membantu sanggar musik khususnya para pelaku seni dalam meningkatkan kreativitas seni di Sumut, terkhusus di Tanjungbalai.

"Kami berharap, semoga kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan, untuk meningkatkan kreativitas para pelaku seni di Sumut dan terlebih lagi di Kota Tanjungbalai ini, "kata Ketua Komunitas SePeDa Toba Jimmy Hutapea.

Amatan harianSIB.com, kegiatan tersebut dilaksanakan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan ketat, yakni dengan mewajibkan peserta memakai masker, menjaga jarak tempat duduk menyesuaikan jumlah peserta dengan kapasitas aula. Sebelum memasuki lokasi, setiap peserta juga wajib diperiksa suhu tubuh dan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan. (R15/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com