Level PPKM di Medan Turun, IDI Minta Semua Pihak Jangan Lengah


153 view
Level PPKM di Medan Turun, IDI Minta Semua Pihak Jangan Lengah
(Foto Dok/Leo Bukit)
Logo IDI 
Medan (harianSIB.com)
Level PPKM di Kota Medan sudah turun, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan meminta semua pihak jangan lengah dan tetap menjaga ketat protokol kesehatan (prokes). Hal itu dikatakan Sekretaris IDI Cabang Medan, dr Ery Suhaimi SpB kepada wartawan, Jumat (24/9/2021).

Begitu juga kepada pemerintah daerah mempercepat mengejar herd immunity agar tercapai kekebalan atau masyarakat terlindungi dari penyakit yang tengah mewabah ini.

"Yang pertama itu vaksinasi harus terus dilakukan. Kedua prokes harus tetap dijalankan, jangan lengah karena kasus mulai menurun atau level sudah menurun. Jangan juga eforia harus tetap waspada," katanya.

Selain itu, masyarakat juga harus menjaga mutu makanan yang dikonsumsi di masa pandemi Covid-19 ini. "Karena masih pandemi tetap jaga kesehatan, makanlah makanan bergizi, bervitamin kemudian makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh," tegasnya.

Sebutnya, pantauannya sejak dinyatakan Medan turun level dari 4 ke level 3, terlihat masyarakat mulai kendor akan prokes. Bahkan sudah banyak yang lepas-lepas masker, padahal sampai saat ini tegasnya masyarakat atau semua pihak harus menjaga prokesnya.

"Karena saya lihat mulai bebas, memakai masker sudah jarang. Kita harus belajar dari beberapa negara Singapura dan India, sempat turun, tapi jadi naik lagi karena tidak disiplin akan prokes," tutupnya.

Sementara itu, kasus baru Covid-19 di Provinsi Sumut tanggal 24 September 2021, sebanyak 157 orang, angka kesembuhan 268 orang, meninggal 11 orang. Sehingga, total kasus mencapai 104.190 orang, angka kesembuhan 98.529 orang, meninggal 2.804 orang.

Jumlah ini diperoleh harianSIB.com melalui laporan media harian Covid-19 Kemenkes RI, Jumat (24/9/2021). Di hari yang sama, Provinsi Sumut peringkat kelima sebagai daerah penyumbang kasus baru Covid-19 di Indonesia.

Peringkat pertama diraih Jawa Tengah sebanyak 286 orang, Jawa Timur peringkat kedua sebanyak 219 orang, Jawa Barat peringkat ketiga sebanyak 217 orang, DKI Jakarta peringkat keempat sebanyak 181 orang, Sumut peringkat kelima sebanyak 157 orang. (*)


Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com