Libur Lebaran, RS Adam Malik dan RS Pirngadi Tetap Berikan Pelayanan Kesehatan


94 view
foto okezone
Ilustrasi pelayanan di rumah sakit.
Medan (SIB)
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan tetap memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal bagi masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Adam Malik disiapkan untuk siaga 24 jam memberikan pelayanan kegawatdaruratan selama libur 5 (lima) hari pada 12-16 Mei 2021. Sedangkan IGD RS Pirngadi memberikan pelayanan kegawatdaruratan selama 3 hari mulai tanggal 12-14 Mei 2021.

"Dalam liburan nanti, kita tetap melayani pasien-pasien yang berobat, IGD tetap buka seperti biasa. Untuk poliklinik juga ada beberapa yang buka. Nanti akan dilayani oleh dokter yang bertugas," kata Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), Selasa (11/5).

Selama libur Lebaran 2021 ini, manajemen RS Adam Malik menugaskan 3 dokter spesialis setiap hari secara on-site (di tempat) sesuai dengan jadwal jaga IGD. Ketiganya adalah dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anestesi dan dokter spesialis anak. Mereka bertugas bersama dokter umum, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Kemudian, dokter spesialis obgyn (kandungan) dan dokter spesialis bedah juga telah disiapkan untuk bertugas secara on-call (panggilan) sesuai dengan kasus permasalahan kesehatan yang masuk ke IGD setiap harinya. Selain itu, dokter spesialis lainnya juga siap dipanggil untuk memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya itu saja, pelayanan Haemodialisa juga tetap dibuka seperti biasa, pelayanan Kemoterapi dibuka untuk pasien yang sudah dijadwalkan dan Poliklinik Metadon tetap dibuka pada pukul 10.00-12.00 WIB setiap hari. Kemudian, masyarakat umum yang membutuhkan layanan pemeriksaan Antigen-Swab SARS-CoV2, akan tetap tersedia di IGD selama libur.

Manajemen rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini juga masih membuka poliklinik di Instalasi Rawat Jalan (IRJ) pada tanggal 12 Mei 2021 pukul 09.00-12.00 WIB. Namun, hanya untuk pasien kronik yang membutuhkan obat rutin. Yaitu, Poliklinik Penyakit Dalam, Poliklinik Bedah, Poliklinik Anak, dan Poliklinik Obgyn. Setelah itu, IRJ akan tutup selama libur, termasuk Poli Eksekutif di Gedung Paviliun dan dibuka kembali pada 17 Mei 2021.

Sementara itu, untuk pasien dari rumah sakit lain bisa dirujuk ke RS Adam Malik melalui aplikasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) dan call center 061-8363000 selama 24 jam. Untuk kebutuhan pelayanan kesehatan selama libur, rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini pun telah menyiapkan obat-obatan dan segala kebutuhan lainnya dalam menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan pasien.

Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan meskipun sedang berkumpul bersama keluarga dalam suasana Lebaran. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dulu pada tahun ini sesuai dengan instruksi pemerintah, demi mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

"Kita harus mengikuti anjuran dari pemerintah untuk tidak mudik, tetap tinggal di rumah tanpa membuat kegiatan kerumuman. Jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga, memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan. Karena khusus untuk Sumut jangan lengah, Covid-19 masih ada dan sedang meningkat," imbaunya.

Terpisah, Kasubag Humas & Hukum RSUD Dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin SH MKes MH mengatakan poliklinik rawat jalan diliburkan selama 3 hari dari tanggal 12-14 Mei 2021. Dan aktif kembali melayani tanggal 15 Mei 2021.

Oleh karena itu, pasien baru dan pasien lama berobat melalui satu pintu yaitu IGD. "Pasien yang berobat akan dilayani di ruangan observasi IGD," ujar Edison sembari menambahkan sebanyak lima dokter spesialis yaitu bedah, penyakit dalam, anak, kandungan (obgyn) dan anestesi disiagakan di IGD. (SS6/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com