Liburan Natal di Tebingtinggi Tidak Menggairahkan Pelaku UMKM


422 view
Liburan Natal di Tebingtinggi Tidak Menggairahkan Pelaku UMKM
Foto: harianSIB.com / Japet Arki Bangun
SEPI: Pedagang lemang di pinggir Jalan Yos Sudarso Tebingtinggi sepi pembeli, Selasa (26/12/2023). 

Tebingtinggi (harianSIB.com)

Suasana hari libur Natal tahun 2023 tidak menggairahkan bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya yang ada di perlintasan menuju pintu masuk Tol Tebingtinggi- Medan. Pasalnya, pintu masuk tersebut ditutup.

Pantauan harianSIB.com, Selasa (26/12/2023), di Jalan Yos Sudarso, depan eks Terminal Bandara Kajum, terlihat lalu lintas lancar. Puluhan pedagang UMKM seperti lemang dan oleh-oleh khas lainnya sepi pembeli.

"Dari tanggal 23-26 Desember, pengunjung yang melintas dari luar Tebingtinggi minim. Penghasilan pun berkurang," kata seorang pedagang lemang Suryanti, saat ditemui harianSIB.com di pinggir Jalan Yos Sudarso.

Dikatakannya, program Kuliner Bandar Kajum yang baru beberapa hari lalu diresmikan Pj Wali Kota Syarmadani, dianggap gagal menarik pengunjung. Sehingga liburan Natal ini lesuh bagi pedagang.

"Pagelaran Kuliner Bandar Kajum terlambat dipromosikan," ujarnya.

Selain itu, dengan dibukanya jalan Tol Pematangsiantar dan Kisaran membuat kendaraan sepi melintas dan pengendara pastinya enggan berhenti ke Tebingtinggi.

"Ini masih uji coba perlintasan Tol Pematangsiantar dan Kisaran. Jika sudah aktif, ekonomi pelaku UMKM pasti berkurang drastis. Hal ini harus menjadi perhatian serius Pj Wali Kota, sehingga pedagang bisa tumbuh sehat," harapnya. (*)

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com