Lima Lagi Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020 akan Dilantik Akhir Juli 2021


253 view
Foto Istimewa
Basarin Tanjung
Medan (SIB) -Lima lagi Kepala Daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020 termasuk hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) tahun 2021 akan dilantik akhir Juli 2021.

Kepala Daerah yang bakal dilantik tersebut, Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Mandailing Natal (Madina) yang sudah sukses melangsungkan PSU.

Untuk ketiga daerah tersebut tinggal menunggu hasil Rapat Keputusan Pleno KPU dan Paripurna DPRD-nya. Sedangkan untuk Kota Pematang Siantar dikarenakan masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematang Siantar terdahulu, masih menjabat dan berakhir hingga Februari 2022, maka hal itu diserahkan keputusannya Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri-RI), apakah harus menunggu hingga berakhirnya masa jabatan atau langsung dilantik.

"Sedangkan untuk Nias sudah selesai berkasnya," ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Basarin Yunus Tanjung didampingi Kabag Otda Rasyid Ritonga, Rabu (28/4) kepada wartawan di ruang kerjanya lantai IV Jalan Ngalengko Medan.

Sebelumnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi telah melantik 8 Kepala Daerah hasil Pemilukada serentak tahun 2020 pada tahap kedua tanggal 26 April 2021. Adapun kepala daerah yang dilantik adalah Wali Kota Binjai depenitif, Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Bupati dan Wakil Bupati Karo, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan, Bupati dan Wakil Bupati Samosir dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli.

Sedangkan pada tahap pertama, Gubernur Edy Rahmayadi melantik 11 kepala daerah, yakni Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tanjungbalai, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Sibolga, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Toba. (A13/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com