Lions Clubs District 307A2: Seni untuk Warga Berkebutuhan Khusus


77 view
Lions Clubs District 307A2: Seni untuk Warga Berkebutuhan Khusus
Foto: Iva Rose
SENI UNTUK WARGA BERKEBUTUHAN KHUSUS : KW Nelly Rosa, KD Rita Tamby, KD Aswani dan Pres LCM Cemara, Iva Rose dari LCM Aryaguna dan dari LCM Darma Agung memberi bingkisan di RS Adam Malik Medan. Kegiatan dalam bagian Joint Activity Wilayah II yang diadakan Lions Clubs District 307A2 tersebut menyantuni dan menyemangati warga berkebutuhan khusus dengan seni literasi.
Medan (SIB)
Lions Clubs District 307A2 mengadakan Joint Activity Wilayah II di sejumlah tempat di Sumatera Utara, Jumat - Sabtu (8 - 9/10). Kegiatan utama dalam cakupan Chilhood Cancer Vision and Hunger tersebut menyasar warga yang perlu sesegeranya dibantu. Fokus donasi adalah warga kelompok berkebutuhan khusus yakni penderita kanker yang sedang dalam perawatan intensif di RS Adam Malik Medan.

KW Nelly Rosa mengatakan, membantu sesama adalah kewajiban pribadi-pribadi yang berwadah dalam Lions Clubs District 307A2. “Namun, jika dapat melakukan lebih dari itu, why not?”ujarnya.

Benar. Begitu pintu ruangan dibuka, rombongan mengunjungi seluruh yang dirawat inap di Ruang Rindu B yang seluruhnya menderita kanker. Tiap warga disapa. Pembezuk yang membawa bingkisan di antaranya KW Nelly Rosa, KD Rita Tamby, Iva Rose dari LCM Aryaguna dan dari LCM Darma Agung.

Bersamaan menitip bahan makanan dan suplemen bergizi tinggi, dibuka dialog dengan pasien-pasien. KD Rita Tamby, misalnya.

Perempuan yang jago ngemsi (MC) itu mengajak bicara. Mulai dari jenis penyakit, mulai dirawat di rumah sakit hingga hobi pasien. Hal serupa dilakukan L Iva Rose dan KW Nelly Rosa.

Pada anak-anak, komunikasi lebih intens. Fokus pembicaraan mengenai hobi dan kebiasaan sehari-hari. KD Rita Tamby menanyai pemahaman mengenai tokoh superhero. Mulai yang di layar kaca, layar lebar atau di tontonan lain. Termasuk yang ada di bacaan-bacaan.

“Siapa yang tahu Golden Bell,” ujarnya sambil mengangkat komik yang memenuhi tasnya. “Dibaca ya...,” tambah KD Rita Tamby sambil menyerahkan komik khusus untuk anak-anak.

Ada juga komik berteks Bahasa Inggris. Sayang, dari seluruh pasien yang dikunjungi, belum memahami buku bacaan dalam bahasa di luar teks Indonesia. “Nanti, jika ke luar dari perawatan, sudah mahir berbahasa Inggris, minta sama saya buku-buku ini, ya,” tambahnya.

KW Nelly Rosa minta, pendamping pasien harus lebih banyak sabar dan kasih. “Menjaga pasien dengan penyakit sensitif, harus memiliki kesabaran ekstra. Untuk menghilangkan jenuh, boleh baca komik juga. Setelah itu, ceritakan pada anak-anaknya,” harapnya.

Sebelumnya, rombongan ke Panti Jompo Karya Kasih. Memerhatikan pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya sirna, rombongan dimungkinkan sampai lobi saja. Tetapi seluruh bingkisan dititipkan. Khususnya kaca mata baca.

Petangnya, rombongan besar Lions Clubs District 307A2 melanjutkan kegiatan serupa. Di gelombang tersebut terlihat PDG Dalbir Singh Kapoor, DG Karun Wirianto, Ketua Panitia KD Aswani, VDG 1 Maria Simamora, VDG2 Darma Sakti, Benkab Rudi Hendrawan, Sekab Erianto dan GST Jacob Li, Ketua Grant Saanti, GMT Maya, KD David serta fellow Lions.

Sama, kehadiran para dermawan untuk berbagi menyemangati kelompok milenial untuk mengisi diri, mengejar cita-cita hingga kelak melanjutkan apa yang dilakukan para lions. (YouTube/R10/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com