Listrik Sering Padam di Labusel, Warga Berharap PLN Beri Kompensasi


83 view
(Foto: Shutterstock)
Ilustrasi Listrik 
Kotapinang (SIB)
Pemadaman listrik sering terjadi di berbagai wilayah di Kabupaten Labusel, memicu keresahan warga.

Mereka berharap agar PT PLN (Persero) memberikan kompensasi atas pemadaman tersebut, jika memang tidak dapat dibenahi lagi.
Kepada wartawan Agus Darmawan (36) warga Basilam Baru, Desa Sosopan, Kecamatan Kotapinang, Minggu (28/2) mengatakan, masyarakat sebagai pelanggan sangat dirugikan atas pemadaman yang terjadi. Menurutnya, setiap hari terjadi pemadaman listrik rata-rata dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.

"Seperti yang terjadi, pada Sabtu malam. Nggak jelas masalahnya tiba-tiba listrik padam. Ketika layanan PLN Kotapinang ditelepon, katanya hanya lima menit, tapi nyatanya hampir 30 menit," katanya.

Dia mengatakan, seharusnya pelanggan menerima kompensasi berupa penambahan KWH atas pemadaman yang sering terjadi. Sebab, pelanggan juga tidak pernah diberikan keringanan ketika terjadi tunggakan atau kehabisan token listrik.
"Dengan adanya denda atau kompensasi tersebut, mudah-mudahan PLN lebih profesional. Karena pelanggan juga menerima denda jika terjadi keterlambatan pembayaran," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Irpan Ripai warga Jalan Kampung Baru II, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang. Menurutnya, pemadaman yang sering terjadi dalam tiga bulan terakhir sangat merugikan masyarakat.

"Pemadaman sering terjadi antara pukul 07.00 WIB, saat masyarakat akan menghidupkan mesin air, memasak beras, dan lain-lain. Kemudian pada malam hari sekira pukul 06.30 WIB, saat warga beribadah dan anak-anak belajar," katanya.

Kekecewaan yang sama diutarakan anggota DPRD Kabupaten Labusel, Bayanuddin Dalimunthe. Menurutnya, dalam tiga bulan terakhir kondisi listrik di Kabupaten Labusel seakan tidak terurus.

"Pemadaman terjadi semena-mena. Tidak ada pemberitahuan apapun kepada masyarakat. Semestinya pengelolaan listrik dilakukan secara profesional untuk menghindari kekecewaan pelanggan," katanya. (L06/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com