Longsor, Ruas Jalinsum Desa Sabungan Nyaris Putus


394 view
Longsor, Ruas Jalinsum Desa Sabungan Nyaris Putus
Foto: harianSIB.com/Rudi Afandi Simbolon
Longsor: Warga sekitar mengatur arus lalulintas di lokasi longsor Dusun Simandiangin Desa Sabungan Kecamatan Sungaikanan Kabupaten Labusel, Kamis (1/12/2022). 

Sungaikanan (harianSIB.com)

Ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sabungan di Dusun Simandiangin, Desa Sabungan, Kecamatan Sungaikanan, Kabupaten Labusel, longsor dan nyaris putus, akibat tergerus hujan deras yang terjadi, Rabu (30/11/2022) malam.

Akibatnya, terjadi kemacetan arus lalu lintas, karena longsor hanya menyisakan seperempat badan jalan, sehingga kendaraan harus bergantian melintas.

Pengamatan wartawan, Kamis (1/12/2022) pagi, jalan yang mengalami longsor berada pada lajur Sungaikanan menuju Kotapinang.

Longsor menyebabkan badan jalan berlubang sedalam lebih kurang 3 meter dengan panjang sekira 4 meter dan lebar 2,5 meter.

Longsor tersebut menyebabkan kendaraan yang melintas di lokasi itu, khususnya mobil dan truk harus bergantian. Warga setempat secara swadaya mengatur arus kendaraan yang lewat, agar tidak terperosok ke dalam lubang dan celaka.

“Jalannya longsor tadi malam. Sejak pukul 20.00 WIB, turun hujan deras, mungkin tergerus air. Selama ini di kawasan itu memang ada gorong-gorong, mungkin pecah,” kata Juraidin Siregar.

Camat Sungaikanan, Syarifah Hafni yang dikonfirmasi mengatakan, tidak ada korban dalam peristiwa itu. Menurutnya, kondisi tersebut sudah dilaporkan kepada Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I Sumut.

“Sudah dilaporkan. Pihak provinsi sudah dalam perjalanan menuju lokasi,” katanya.

Sementara itu, pada Kamis pagi, Bupati Labusel, H Edimin bersama sejumlah pimpinan OPD datang ke lokasi longsor tersebut.

Selain melakukan peninjauan, Bupati juga langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian mengenai pengamanan arus lalu lintas dan instansi terkait untuk pencegahan longsor susulan. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com