Lonjakan Kasus Covid-19, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit


125 view
Lonjakan Kasus Covid-19, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit
(Foto : Dok/Humas PLN).
PLN jaga keandalan pasokan listrik rumah sakit di masa pandemi Covid-19.
Jakarta (harianSIB.com)
PLN terus mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Di tengah peningkatan kasus positif yang terjadi di beberapa daerah, PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

Total PLN menyiagakan 11.821 personel terdiri dari pegawai dan mitra kerja di beberapa wilayah yang mengalami peningkatan kasus positif Covid-19, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Kami komitmen mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam menangani Covid-19. Upaya penanganan ini harus dilakukan secara bersama-sama. Dan PLN siap menjaga keandalan listrik untuk rumah sakit dan fasilitas kesehatan," kata Direktur Bisnis PLN Regional Jawa, Madura, dan Bali, Haryanto WS dalam rilis yang diteruskan Humas PLN UIP Sumbagut Effiaty Polapa, di Medan, yang diterima jurnalis Koran SIB Eddy Bukit, Rabu (16/6/2021).

Dikatakan, di Jawa Barat, PLN menyiagakan 4.236 petugas gabungan. Dan PLN sudah melakukan pengecekan jaringan listrik di 27 Kabupaten/Kota terutama yang menyuplai pasokan listrik untuk 17 wilayah Jawa Barat.

“Pasca Gubernur Jabar menyatakan Bandung Raya siaga 1 darurat Covid-19, kami langsung melakukan gelar pasukan dan peralatan untuk memastikan pasokan listrik, khususnya ke pusat kesehatan, rumah sakit, dan sentra vaksinasi berjalan baik,” tutur Haryanto.

Di DKI Jakarta, PLN menyiagakan 2.356 petugas untuk menjaga keandalan pasokan listrik di lokasi penting penanggulangan Covid-19 tersebut.

Wisma Atlet yang digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 mempunyai kapasitas daya 11.080.000 Volt Ampere (VA).

"Secara sistem kelistrikan Wisma Atlet Pademangan dan Rusun Nagrak sudah siap dan petugas kami juga siap melayani 24 jam," kata Haryanto.

Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, PLN juga menyiagakan 3.560 petugas. Data PLN menunjukan di Jateng dan Yogyakarta sendiri terdapat 320 rumah sakit dan tempat penanganan Covid-19, 295 berada di Jateng dan 25 di DIY. Sementara di Jawa Timur, PLN menyiagakan 1.669 petugas.

PLN juga pastikan pegawai dan tenaga alih daya mendapatkan vaksin Covid-19.
Hingga Rabu (16/6/2021), lebih dari 230 ribu pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD) PLN telah menerima vaksinasi di seluruh Indonesia.

Meski telah menjalani vaksinasi, PLN memastikan tetap menjalankan protokol Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com